PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM(Studi di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember)

Muflikhah, Ilma Nailul (2023) PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM(Studi di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilma Nailul Muflikhah_S20191037.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ilma Nailul Muflikhah, 2023: Pemenuhan kewajiban suami penyandang disabilitas terhadap istri perspektif Kompilasi Hukum Islam (studi di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember).

Kata Kunci: pemenuhan, kewajiban, suami, penyandang Disabilitas.

Peneliti mengkaji fenomena atau peristiwa hukum yaitu pernikahan yang dilakukan antara seorang laki-laki penyandang disabilitas dengan seorang wanita yang tidak disabilitas. Keterbatasan fisik suami menjadi faktor yang menghambat upaya pemenuhan kewajibannya terhadap istri. Khususnya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pasal 80 KHI terkait kewajiban seorang suami. Dalam perkara ini peneliti terkait bagaimana cara suami penyandang disabilitas dalam memenuhi kewajiban sebagaimana yang telah dijelaskan dalam KHI tersebut.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemenuhan kewajiban suami penyandang disabilitas terhadap istri di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Perspektif Kompilasi Hukum Islam? (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat suami penyandang disabilitas dalam memenuhi kewajiban terhadap istri di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Tujuannya yaitu: (1) Untuk mengetahui pemenuhan kewajiban suami terhadap istri di Yayasan Senter Advokasi Disabilitas perspektif Kompilasi Hukum Islam. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat suami penyandang disabilitas dalam memenuhi kewajiban terhadap istri.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan sosiologis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan beberapa tahapan yaitu: Reduksi Data (Data Reduction), penyajian Data (Data Display), dan kesimpulan.
Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu (1) Pemenuhan kewajiban suami penyandang disabilitas terhadap istri di Yayasan terpenuhi sesuai dengan kemampuanya, hal ini dijelaskan oleh 3 kepala penyandang disabilitas. Pemenuhan kewajiban suami terhadap istri sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam yaitu suami wajib memenuhi kebutuhan rumah tangga, menyediakan tempat tinggal dan memberikan nafkah. (2) Faktor penghambat suami penyandang disabilitas yaitu penghasilan tidak tetap dan minimnya lapangan pekerjaan. Faktor pendukung penyandang disabilitas yaitu keluarga, orang tua dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Depositing User: Ms Ilma Nailul Muflikhah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:58
Last Modified: 10 Jul 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25770

Actions (login required)

View Item View Item