RIMA, MELATI (2023) KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PROGAM DESA WISATA PASAR WIT WITAN DI DESA ALAS MALANG KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
RIMA MELATI_D20161073-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rima Melati. 2023. Komunikasi dan Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal terhadap peningkatan pendapatan ekonomi keluarga melalui progam desa wisata pasar wit witan desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi
Kata Kunci: Komunikasi, Pemberdayaan masyarakat, Potensi lokal, Pendapatan ekonomi keluarga, Desa wisata pasar wit-witan
Komunikasi menjadi salah satu unsur penting untuk penyampaian pesan-pesan pembangunan secara efektif kepada masyarakat. Komunikasi pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pembangunan kepada masyarakat. Dalam pemberdayaaan komunikasi menjadi unsur penting dalam terciptanya pemberdayaan yang berkelanjutan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana pola komunikasi pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui progam desa wisata pasar Wit Witaan Desa Alasmalang?, 2) bagaimana proses komunikasi pemberdayaan dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluaarga melalui progam Desa Wisaata Pasar Wit Witan desa Alasmalang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola komunikasi pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui progam desa wisata pasar Wit Witaan Desa Alasmalang, 2) mendeskripsikan proses komunikasi pemberdayaan dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluaarga melalui progam Desa Wisaata Pasar Wit Witan desa Alasmalang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data digunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian daata-data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles Huberman yang meliputi: data collection, data Kondensation, data display, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh digunakan triagulasi sumber dan triagulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Pola Komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui progam desa wisata pasar wit-witan desa Alasmalang dilakukan melalui: proses penyadaran, pada tahap ini masyarakat diberi pemahaman tentang potensi sumber daya tanah kosong, masyarakat memiliki keterampilan membuat beraneka macam jajanan ringan dan melakukan musyawarah dalam membentuk Pokdarwis. tahap pengkapasitasan masyarakat diberikan pendampingan. tahap pendayaan, adanya peresmian sebagai desa wisata Kuliner, masyarakat mendapatkan bantuan pinjaman usaha, sarana tempat untuk berdagang. Pemberdayaan dilaksanakan melalui komunikaksi tatap muka dan kelompok, 2) Proses komunikasi dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluarga melalui progam desa wisata pasar wit-witan desa Alasmalang diketahui melalui penyerapan tenaga kerja yakni banyak warga yang awalnya berprofesi sebagai Ibu rumah tangga, sekarang memiliki penghasilan sehingga terjadi peningkatan pendapatan masyarakat. Dilakukan dengan menjalin komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli sehingga pendapatan masyarakat desa Alasmalang dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Depositing User: | RIMA MELATI |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25780 |
Actions (login required)
View Item |