Analisis Strategi Marketing Mix 7P Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Menciptakan Loyalitas Pelanggan Di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember

setiawan, bayu (2023) Analisis Strategi Marketing Mix 7P Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Menciptakan Loyalitas Pelanggan Di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bayu_Setiawan_(E20192322)_Watermark[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Bayu Setiawan, Toton Fanshurna, M.E.I : Analisis Strategi Marketing Mix 7P Dalam Meningkatkan Pendapatan dan Menciptakan Loyalitas Pelanggan di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember
Kata Kunci : Marketing Mix 7P, Pendapatan, Loyalitas Pelanggan
CV Aneka Jaya adalah sebuah badan usaha yang menjual berbagai macam alat listrik, elektronik, alat dapur dan furnitur. Terdapat fenomena yang menarik terkait strategi yang digunakan dalam meningkatkan pendapatan dan menciptakan loyalitas pelanggan membuat pelanggan semakin bertambah dan terjadi peningkatan omset pendapatan di CV Aneka Jaya. Hal itu tentunya dilakukan untuk menunjang kemajuan dan perkembangan usaha untuk kedepannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana analisis strategi marketing mix 7P dalam meningkatkan pendapatan di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Bagaimana analisis strategi marketing mix 7P dalam menciptakan loyalitas pelanggan di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis strategi marketing mix 7P dalam meningkatkan pendapatan di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember. 2) Untuk menganalisis strategi marketing mix 7P dalam menciptakan loyalitas pelanggan di CV Aneka Jaya Rambipuji Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan dalam menjawab fokus penelitian, maka penyusunan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi tentang suatu fenomena atau kejadian pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menguji keabsahan data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) CV Aneka Jaya ini dengan beberapa aspek strategi marketing mix 7P dapat meningkatkan pendapatan secara bertahap walaupun tidak signifikan, terutama dari segi produk dengan kualitas yang bagus, harga yang relatif terjangkau dan tempat yang strategis, hanya saja untuk yang lainnya seperti proses, promosi, orang dan bukti fisik berperan sedikit dalam meningkatkan pendapatan namun masih didukung oleh teori yang digunakan. 2) Aspek yang paling mendukung dan berperan penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan pada CV Aneka Jaya adalah yang pertama dari segi produk, beberapa produk ada yang memiliki garansi sehingga bisa diretur jika mengalami kerusakan, selanjutnya dari segi harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan toko lain, tempat yang luas dan akses lokasi mudah serta dari proses pelayanan karyawan yang ramah. Beberapa hal itulah yang berperan penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bayu Setiawan Bayu Setiawan
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:24
Last Modified: 10 Jul 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25790

Actions (login required)

View Item View Item