Analisis Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MA Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Afifah, Siti Alun (2023) Analisis Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MA Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Siti Alun Afifah_T20198017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Alun Afifah 2023. Analisis Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA di Sekolah Berbaisis Pondok Pesantren MA Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Self Efficacy, Pembelajaran Biologi, Sekolah Berbasis Pondok Pesantren.
Self efficacy (efikasi diri) merupakan seberapa besar keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya untuk melaksanakan tugas atau melakukan suatu tindakan tertentu untuk mencapai tujuan atau hasil tertentu. Hasil belajar yang diperoleh masing-masing peserta didik tentu saja berbeda sesuai dengan usaha yang lakukan peserta didik untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam hal tersebut dapat dijelaskan bahwa setiap siswa memiliki efikasi diri (self efficacy) atau kepercayaan diri yang berbeda- beda.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana konsep self efficacy, jenis self efficacy, dan faktor pembetuk self efficacy siswa dalam pembelajaran Biologi kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MA Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan self efficacy siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MA Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu model Milles dan Huberman dan Saldana memberi gambaran proses analisis data pada penelitian kualitatif yang terdiri atas kondensasi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Drawing/Verification) dan tahap keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian yang telah saya lakukan dapat di simpulkan bahwa 1) konsep efikasi diri siswa dalam peraihan hasil belajar, baik dalam perolehan hasil belajar di rentang atas maupun rentang bawah keduanya memiliki konsep efikasi diri, sumber efikasi diri 2) jenis efikasi diri siswa dalam perolehan hasil belajar biologi, siswa yang perolehan hasil belajar biologi dalam rentang rendah (di bawah KKM) memiliki efikasi diri rendah, sedangkan siswa yang perolehan hasil belajar biologi dalam rentang atas (di atas KKM) memiliki efikasi diri tinggi. 3) faktor pembentuk efikasi diri siswa dalam perolehan hasil belajar biologi adalah pengalaman menguasai sesuatu yaitu perolehan hasil belajar yang bagus serta peraihan prestasi siswa pada masa lalu dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Modeling sosial yaitu siswa melihat keberhasilan orang lain, memiliki sosok figur yang memotivasi diri. Persuasi sosial yaitu keyakinkan akan kemampuan yang dimilikinya, saran, nasihat, dan bimbingan pada siswa. Kondisi fisik dan emosional yaitu anggota tubuh yang lengkap, tidak cacat dan sehat. Emosi/perasaan: cara pola pikir, mengolah perasaan yang di alami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Siti Alun Afifah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:22
Last Modified: 10 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item View Item