KOMPARASI PRODUKTIVITAS PENGOLAHAN LAHAN PETANI DENGAN SUBSIDI PUPUK DARI PEMERINTAH DI DESA JATISARI KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Anam, Masrobi (2023) KOMPARASI PRODUKTIVITAS PENGOLAHAN LAHAN PETANI DENGAN SUBSIDI PUPUK DARI PEMERINTAH DI DESA JATISARI KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MAS ROBI ANAM_E20172129.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mas Robi Anam, H. Roni Subhan 2023 : Komparasi Produktivitas Pengolahan Lahan Petani Dengan Subsidi Pupuk Dari Pemerintah di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Sektor Pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Sektor ini merupakan sektor yang tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam pembangunan bangsa. Banyak program-program pembangunan pertanian yang tidak terarah, meskipun demikian sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung tenaga kerja dan sebagian besar penduduk Indonesia tergantung padanya.
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya : 1) Bagaimana produktivitas pengolahan lahan petani dengan subsidi pupuk dari pemerintah di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana efektivitas subsidi pupuk dari pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas pengolahan lahan petani di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?
Sehingga skripsi ini memiliki beberapa tujuan yaitu : 1) Mengetahui produtiktivitas hasil pengolahan lahan petani dengan subsidi pupuk dari pemerintah di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Mengetahui efektivitas subsidi pupuk dari pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas pengolahan lahan petani di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Bahwa penggunaan pupuk subsidi sangat penting dalam pertumbuhan dan kesehatan tanaman petani. Sebelum adanya pupuk subsidi, petani kesulitan membeli pupuk karena harganya yang tinggi, yang mengakibatkan pemberian pupuk terhadap tanaman tidak maksimal. Setelah pupuk subsidi tersedia dengan harga terjangkau dari pemerintah, tanaman petani tumbuh dengan cepat dan sehat. 2) bahwa pupuk subsidi dari pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani. Meskipun terdapat asumsi yang keliru bahwa pupuk subsidi kurang baik karena harganya murah, namun kandungan pupuk subsidi dan non-subsidi sebenarnya sama tergantung pada kandungannya. Namun, pengaruh pupuk subsidi terhadap peningkatan produktivitas tanaman tergantung pada beberapa faktor seperti lahan pertanian, kondisi tanaman, dan perairan.
Kata Kunci : Komparasi, Produktivitas, Subsidi Pupuk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Masrobi Anam
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:02
Last Modified: 10 Jul 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item