ANALISIS PERAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PASAR, WIDOROPAYUNG, KAB. SITUBONDO

Linda Nurul Farawansah, Nurul (2023) ANALISIS PERAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PASAR, WIDOROPAYUNG, KAB. SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi Linda FIX-1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Linda Nurul Farawansah, Dr. Hersa Farida Qoriani, S.Kom., M.E.I. : Analisis Peran Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Pasar Widoropayung, Besuki, Kab. Situbondo).

Pasar widoropayung merupakan pasar tradisional yang bergerak dalam pembangunan ekonomi dan aktif berperan sebagai wadah masyarakat untuk pengembangan usahanya. Serta memperoleh dan memberikan benefit (keuntungan dan manfaat) non materi, baik dari si pelaku ekonomi maupun pada lingkungan yang lebih luas, misalnya terciptanya suasana persaudaraan, kesejahteraan dan sebagainya. Ada banyak macam-macam penjual yang menawarkan produknya mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, pakaian dan perumahan. Di pasar tradisional widoropayung warga desa mencoba untuk menambah penghasilan dengan membuka warung makan, berjualan kue, pedagang peracangan dan sebagainya. Bahkan dari para petani juga mepromosikan hasil taninya di pasar. Yang awalnya tidak memiliki pekerjaan tetap dapat menjadi kuli angkat barang, membantu berjualan sehingga memiliki penghasilan tetap.
Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran pasar tradisional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Widoropayung ? 2) Bagaimana dampak positif dan negatif keberadaan pasar Widoropayung, Besuki, Situbondo ?
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui analisis peran pasar tradisional untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Widoropayung. 2) Untuk mengetahui dampak positif dan negatif keberadaan pasar Widoropayung, Besuki, Situbondo
Untuk mengidentifikasi permasalahan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokimentasi. Analisis data deskriptif serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu 1) peran pasar tradisional widoropayung yaitu sebagai tempat promosi kebutuhan sehari-hari, tempat untuk peningkatan pengembangan usaha masyarakat serta dapat membantu meningkatkan penghasilan keluarga. 2) dampak positif dan negatif keberadaan pasar tradisional widoropayung yaitu dari segi positif dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, pasar sebagai lapangan pekerjaan, pasar menyerap hasil tani dan laut, produk yang dipasarkan bervariasi, perhatian dan dukungan dari dinas sedangkan dari segi negatif pasar dapat menyebabkna kemacetan, pencemaran lingkungan dan adanya sumber-sumber kejahatan.

Kata Kunci : Peranan, Pasar Tradisional, Peningkatan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Linda Nurul Farawansah Libda Nurul Farawansah
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:36
Last Modified: 10 Jul 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25812

Actions (login required)

View Item View Item