Strategi komunikasi pemasaran melalui media instagram dalam mempromosikan produk great project di Kabupaten Situbondo

Nur Diana Kholidah, Diana (2023) Strategi komunikasi pemasaran melalui media instagram dalam mempromosikan produk great project di Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR DIANA KHOLIDAH -E20192437 (SKRIPSI FIX) (1) (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Diana Kholidah, Moch. Chotib, 2023: Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam mempromosikan Produk Mahar dan Seserahan Melalui Media Sosial Akun Instagram (Studi Kasus Pada Toko Great Project di Kabupaten Situbondo).
Strategi komunikasi pemasaran adalah salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk pada konsumen yang sangat penting, dikarenakan berkaitan dengan keuntungan yang akan diperoleh penjual. Dalam sebuah komunikasi pemasaran produk baik melalui online maupun pemasaran langsung, strategi komunikasi sangatlah perlu dilakukan. Sedangkan Media Sosial Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat membagikan foto dan video, yang saat ini semakin populer digunakan oleh pelaku usaha sebagai alat pemasaran produk. Fenomena ini digunakan oleh salah satu pelaku bisnis yaitu Great Project.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan aplikasi Instagram sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Mahar dan Seserahan Great Project? 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat aplikasi Instagram dalam Mempromosikan Produk Great Project?
Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Instagram dalam strategi komunikasi pemasaran produk mahar dan seserahan pada toko great.project di kabupaten situbondo. 2) Untuk pengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung aplikasi Instagram dalam mempromosikan produk mahar dan seserahan great.project.
Metode yang peneliti gunakan yaitu metode Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research). Penentuan informan ini peneliti menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu 1) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Great Project dalam mempromosikan produknya menggunakan media sosial Instagram. Melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan fitur- fitur yang terdapat di Instagram seperti Instagram Stories, Instagram Reels, dan penyajian foto produk dalam Feed Instagram. Dengan mengaplikasikan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). 2) Dalam mempromosikan produk terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu Adanya fitur-fitur menarik di Instagram mempermudah promosi penjualan produk, produk yang dihasilkan Great Project berkualitas. Adapun faktor penghambat adanya pesaing bisnis online lainnya, dan adanya follower yang tidak memberikan like dan komentar dalam setiap unggahan.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Instagram, dan Promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Nur Diana Kholidah Nur Diana Kholidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:37
Last Modified: 10 Jul 2023 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item