Implementasi islamic corporate governance pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang

Diana, Firdaus (2023) Implementasi islamic corporate governance pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIANA FIRDAUS_E20193011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diana Firdaus, M.F.Hidayatullah, 2023 : Implementasi Islamic Corporate Governance pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang.

PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang menerapkan tata kelola perusahaan berdasarkan prinsip Islam atau yang dikenal dengan Islamic Corporate Governance (ICG). Penerapan Islamic Corporate Governance (ICG) ini merupakan keharusan dan landasan penting bagi keberhasilan suatu perusahaan yang berbasis syariah dalam mewujudkan visi dan misi serta kelangsungan usaha perusahaan tersebut sesuai dengan konsep islam.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana penerapan Islamic Corporate Governance pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Islamic Corporate Governance pada PT. Pegaldaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang, apakah prinsip-prinsip Iclamic Corporate Governance ini sudah dijalankan oleh PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunankan yaitu Observasi Wawancara dan studi Dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Penerapan prinsip transparancy (Keterbukaan) diwujudkan oleh PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang melalui peningkatan keterbukalaln informasi, 2. Penerapan prinsip accountability (Akuntablitas) diteralpkaln dengaln ralsal talnggung jalwalb altals pekerjalaln almalnalh yalng halrus dijallalnkaln, 3. Meneralpkaln prinsip Responcibility (Bertalnggung jalwalb) diteralpkaln melallui menetalpkaln produk dengaln dinilali oleh faltwal MUI, keperdulialn alkaln sekitalrnyal dengaln menggunalkaln dalnal kebaljikaln umalt (DKU), 4. Peneralpaln prinsip Independency (Kemalndirialn) diteralpkaln dengaln kemalndirialn dallalm menjallalnkaln perusalhalaln, 5. Peneralpaln Prinsip Falirness (Aldil) diteralpkaln dengaln menjallalnkaln kewaljibalnnyal sebalgali kalryalwaln.

Kaltal Kunci: Implementalsi, Islalmic Corporalte Governalnce (ICG), PT. Pegaldalialn Unit Pelalyalnaln Syalrialh (UPS) Lumaljalng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diana DF Firdaus
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:46
Last Modified: 10 Jul 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25815

Actions (login required)

View Item View Item