Analisis Pernikahan Beda Agama Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby)

Muhammad, Roni (2023) Analisis Pernikahan Beda Agama Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD RONI-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Roni, 2023, ―Analisis Pernikahan Beda Agama Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby)‖.
Kata Kunci: Pernikahan beda agama, Hukum Islam, Hukum Positif.
Penelitian ini membahas mengenai pernikahan beda agama perspektif hukum Islam dan hukum positif, serta analisis pada nenetapan hakim dalam perkara permohonan perkawinan beda agama dalam penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby, yang mana dalam penetapan tersebut hakim mengabulkan permohonan pernikahan beda agama dengan berdasarkan fakta yuridis yang ada dalam persidangan serta dalam menetapkan hakim juga melakukan kehati-hatian.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pernikahan beda agama menurut hukum Islam dan hukum positif? 2) Bagaimana pertimbangan hakim dalam menetapkan pernikahan beda agama pada penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby?
Peneliti menggunakan jenis penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, studi kasus, komparatif dan konseptual, kemudian data-data yang dikumpulakan oleh peneliti diperoleh dari berbagai sumber yang ada, seperti buku, jurnal, skripsi, putusan hakim, undang-undang dan lain sebagainya. Dalam analisa data peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yakni sebagai berikut: 1) Pernikahan beda agama menurut hukum Islam sudah mutlak dilarang begitu pula menurut hukum positif juga bertentangan dengan ketentuan dalam UU Perkawinan. 2) Bahwa dalam penetapan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby tidak sejalan dengan ketentuan dalam hukum islam dan hukum positif, bahwa dalam putusan tersebut hakim mengabulkan permohonan pernikahan beda agama yang mana dalam persidangan ditemukan fakta yuridis yang ada serta hakim juga melakukan kehati-hatian dalam menetapkan putusan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180102 Access to Justice
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Muhammad Roni
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:58
Last Modified: 10 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25816

Actions (login required)

View Item View Item