RELASI SUAMI ISTRI DALAM PERSPEKTIF FAQIHUDDIN ABDULKODIR (WACANA MODEL MICHEL FOUCAULT)

Lummatul, Ais (2023) RELASI SUAMI ISTRI DALAM PERSPEKTIF FAQIHUDDIN ABDULKODIR (WACANA MODEL MICHEL FOUCAULT). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lummatul Ais_ U20191054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini menyorot problematika pasangan suami istri dalam rumah tangga perspektif Faqihuddin Abdul Kodir yang kemudian dianalisis dengan analisis wacana model Michel Foucault. Sebagaimana dapat dilihat dalam kehidupan nyata, problematika yang terjadi di dalam rumah tangga pada pasangan suami istri disebabkan karena peristiwa kekerasan dalam rumah tangga seperti pemukulan suami terhadap istri (KDRT). Bagaimana tidak, institusi keluarga yang seharusnya menjadi tempat yang aman, damai dan tentram bagi seluruh anggotanya. Namun, pada faktanya masih banyak kekerasan yang menyisakan persoalan besar bukan saja bagi keluarga yang bersangkutan akan tetapi lebih pada aspek yang lebih luas.
Rumusan Masalah penelitian ini:1). bagaimana perspektif Kiai Faqihuddin Abdul Kodir terhadap ayat Al-Qur’an mengenai relasi suami istri? 2). bagaimana perspektif Kiai Faqihuddin Abdul Kodir terhadap ayat Al-Qur’an mengenai relasi suami istri bila dilihat berdasarkan analisis wacana Model Michel Foucault? AdapunTujuan Penelitian ini:1). untuk mendeskripsikan perspektif Kiai Faqihuddin Abdul Kodir mengenai ayat Al-Qur’an tentang relasi suami istri. 2). untuk menganalisis perspektif Kiai Faqihuddin Abdul Kodir terhadap ayat Al-Qur’an mengenai relasi suami istri bila dilihat berdasarkan Analisis Wacana Model Michel Foucault.
Metode Penelitian
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan discourse analysis (analisis wacana) jenis penelitian berupa penelitian kepustakaan pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, yakni mencari dan menghimpun berbagai bentuk dokumen berkaitan dengan data ragam teori, konsepsi, perspektif atau temuan yang berhubungan dengan bahasan penelitian, analisis data penelitian ini menggunakan Analisis Isi (Content Analisys)
Hasil penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: 1) menurut Faqihuddin Abdul Kodir relasi suami istri dalam rumah tangga, pada prinsipnya adalah kesalingan, dengan demikian suami dan istri harus saling memberikan kenyamanan, memberikan kebaikan, memberikan penghormatan. suami dan istri harus sama-sama memiliki tanggung jawab, baik tanggung jawab mengurusi anak, menafkahi keluarga, mengurusi urusan rumah tangga dan segala sesuatu yang berhubungan dengan relasi pernikahan rumah tangga, harus dikerjakan secara bersama-sama oleh laki-laki dan perempuan. 2) Hasil analisis terhadap perspektif Faqihuddin Abdul Kodir berdasrkan teori Michel Foucault menjadikan suami istri sebagai mitra yang memiliki hak setara, serta keduanya dituntut untuk saling memahami perbedaan baik sosial maupun biologisnya, sehingga akan melahirkan kesetaan antara laki-laki dan perempuan
Kata Kunci: Relasi Suami Istri, Faqihuddin Abdul Kodir, Analisis Wacana Foucault.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Analisis Lummatul Ais
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:51
Last Modified: 10 Jul 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item