Stimulasi Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Estafet Pindah Bendera Pada Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso

-, ISABELA (2023) Stimulasi Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Estafet Pindah Bendera Pada Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ISABELA WTRK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stimulasi pengembagan motorik kasar adalah suatu media yang berupa permainan edukatif untuk mengembangkan motorik kasar anak, salah satunya dengan permainan lari estafet pindah bendera.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kecepatan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso? 2) Bagaimana permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kelincahan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso? 3) Bagaimana permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kekuatan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso? 4) Bagaimana permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih keseimbangan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso?
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kecepatan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso. 2) Untuk mengetahui permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kelincahan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso. 3) Untuk mengetahui permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kekuatan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso. 4) Untuk mengetahui permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih keseimbangan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Bambang Sujiono. Untuk membuktikan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kecepatan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso, dilakukan dengan berlari cepat-cepatan. 2) Permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kelincahan pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso, dilakukan dengan mengubah arah posisi tubuh dan dengan cepat dan tepat. 3) Permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih kekuatan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso, dilakukan dengan berlari mengambil bendera. 4) Permainan lari estafet pindah bendera dapat melatih keseimbangan pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nawawi Pejagan Bondowoso, dilakukan dengan berlari tidak terjatuh.

Kata kunci : Pengembangan motorik kasar anak, permainan lari estafet, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Isabela -
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:33
Last Modified: 10 Jul 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item