PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS QUARTED CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Hervianti, Nova (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS QUARTED CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bismillah Skripsi.pdf

Download (34MB)

Abstract

Nova Hervianti Putri, 2023: Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Quarted Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Game Edukasi, Quarted Card, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMPN 1 Jenggawah, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, siswa merasa kesulitan jika hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran, serta masih menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai penyampaian materi pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah dengan menerapkan media pembelajaran game edukasi berbasis quarted card yang dapat menciptakan suasana aktif dan menyenangkan selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran game edukasi berbasis quarted card terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Jenggawah 2) Bagaimana pengaruh media pembelajaran game edukasi berbasis quarted card terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Jenggawah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan dari media pembelajaran game edukasi berbasis quarted card terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Jenggawah 2) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh game edukasi quarted card terhadap hasil belajar ranah kogntif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMPN 1 Jenggawah.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil uji-t pada nilai posttest diperoleh nilai signifikansi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Nilai signifikansi kognitif sebesar 0,006 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi afektif sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil belajar psikomotorik mendapat nilai signifikansi 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Quarted Card Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Putri Hervianti Nova
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:31
Last Modified: 10 Jul 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25842

Actions (login required)

View Item View Item