Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dengan Berbantuan Guessing Game Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Firmansyah, Imaduddin Bagus (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dengan Berbantuan Guessing Game Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi fix print watermark.pdf

Download (9MB)

Abstract

Imaduddin Bagus Firmansyah, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dengan Berbantuan Guessing Game Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Model pembelajaran role playing, guessing game, hasil belajar, minat
belajar
Materi biologi yang membahas mekanisme yang terjadi didalam tubuh qseperti sistem reproduksi menyulitkan belajar siswa karena materi yang bersifat abstrak dan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi sehingga berdampak pada penurunan minat siswa yang berpengaruh pada hasil belaja siswa. Maka dari itu diperlukan diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran materi tersebut untuk
menambah pemahaman siswa dan terciptanya suasana yang menarik serta menyenangkan dalam proses pembelajaran salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi seperti dengan menerapkan
model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran role
playing dengan berbantuan guessing game pada sistem reproduksi 2) mendeskripsikan minat belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game pada sistem reproduksi; 3) mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game terhadap hasil belajar siswa pada sistem reproduksi; 4) mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game terhadap minat
belajar siswa pada sistem reproduksi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi eksperimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI MIPA 1
sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney-U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol; 2) Nilai rata-rata angket minat belajar kelas ekperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,039; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran role playing dengan berbantuan guessing game terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,039.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Imaduddin Bagus Firmansyah
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:25
Last Modified: 11 Jul 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item