IMPLEMENTASI PASAL 523 UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM UNTUK MENGURANGI PRAKTIK POLITIK UANG (Studi Kasus Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Kabupaten Sumenep)

Rasyidi, Achmad Latifur (2023) IMPLEMENTASI PASAL 523 UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM UNTUK MENGURANGI PRAKTIK POLITIK UANG (Studi Kasus Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Kabupaten Sumenep). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Latifur Rasyidi_S20193014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan umum atau biasa disingkat pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali yang berasaskan LUBERJURDIL. Meskipun jarang sekali kasus praktik politik uang yang sampai mendapat putusan pengadilan, bukan berarti praktik politik uang di tengah masyarakat jarang dilakukan. Pada Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Sumenep terdapat beberapa temuan terkait dugaan praktik politik uang, akan tetapi tidak ada satupun yang sampai ke meja persidangan. Praktik politik uang pada Pemilu dilarang dan bagi yang melakukannya akan mendapatkan hukuman sebagaimana diatur pada pasal 523 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Dalam islam, politik uang merupakan perbuatan yang serupa dengan suap-menyuap atau risywah, Islam melarang perbuatan tersebut melaknat bagi siapapun yang melakukannya.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Mengapa terjadi praktik politik uang pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Sumenep? 2) Bagaimana Implementasi Pasal 523 pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Sumenep? 3) Bagaimana upaya Bawaslu Kabupaten Sumenep dalam mengurangi praktik politik uang pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Sumenep?
Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui mengapa terjadi praktik politik uang pada pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Sumenep 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi Pasal 523 pada pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Sumenep 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya Bawaslu Kabupaten Sumenep dalam mengurangi praktik politik uang pada pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Sumenep.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara serta dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunanakan perundang-undangan dan kasus. Keabsahan data pada skripsi ini menggunakan triangulasi data sumber yang dimana menggali data dari sudut pandang yang berbeda-beda.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penyebab terjadinya praktik politik uang di Kabupaten Sumenep disebabkan oleh faktor ekonomi, pendidikan, lemahnya pengawasan, kebiasaan di tengah masyarakat hingga kurang maksimalnya kinerja Bawaslu Kabupaten Sumenep dalam menjalankan tugas. 2) Bawaslu Kabupaten Sumenep seringkali terkendala dalam mengimplementasikan pasal 523, sehingga sampai saat ini belum ada 1 temuan ataupun laporan terkait dugaan praktik politik uang yang sampai mendapat putusan pengadilan. 3) Melakukan sosialisasi edukasi terhadap masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengawasan partisipatif. Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan event yang di dalamnya terdapat penampilan hiburan agar dapat menarik banyak masyarakat yang hadir.
Kata Kunci: Pemilu, Praktik Politik Uang, suap-menyuap, Peran Bawaslu Kabupaten Sumenep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr Achmad Latifur Rasyidi
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:52
Last Modified: 10 Jul 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25845

Actions (login required)

View Item View Item