Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Budaya Hidup Bersih Untuk Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MI Tashwirul Afkar Ketanen Panceng Gresik

Aqwa, Mohammad Ulil (2023) Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Budaya Hidup Bersih Untuk Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MI Tashwirul Afkar Ketanen Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Skripsi - (Mohammad Ulil Aqwa T20193085).pdf

Download (5MB)

Abstract

​Pendidikan dalam menerapkan budaya hidup bersih merupakan sebuah upaya penanaman nilai-nilai kepada peserta didik untuk membentuk watak dan kepribadian yang bisa mendorong peserta didik mewujudkan nilai-nilai tersebut kedalam perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian dalam skripai ini adalah: 1) Bagaimana pengamatan lingkungan kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar? 2) Bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar? 3) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar? 4) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengamatan lingkungan kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar. 2) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar. 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Tashwirul Afkar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengamatan lingkungan kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih di MI Tashwirul Afkar dilakukan pengamatan lingkungan (internal dan eksternal). 2) Formulasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih di MI Tashwirul Afkar ini dimulai dengan merencanakan suatu program dan strategi. 3) Implementasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih di MI Tashwirul Afkar dilakukan dengan menerapkan strategi keteladan dan pembiasaan serta dilaksanakan beberapa program kegiatan. 4) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya hidup bersih di MI Tashwirul Afkar dilakukan dengan pengawasan, penilaian, dan pelaporan yang dilakukan oleh semua dewan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mohammad Ulil Aqwa
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:53
Last Modified: 10 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item