Penerapan Strategi Quantum Quetient Dan Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023.

Amallia, Widia Restui (2023) Penerapan Strategi Quantum Quetient Dan Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WIDIA WATERMARK.pdf

Download (46MB)

Abstract

Widia Restui Amallia, 2023: Penerapan Strategi Quantum Quetient Dan Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Strategi Quantum Quetient, Index card Match, Prestasi Belajar

Strategi Quantum Quetient adalah sistem yang memungkinkan kita menyimpan informasi di dalam memori sehingga kita dapat mengambilnya kembali saat dibutuhkan. Quantum Quetient ini membantu IQ, EQ dan SQ selain itu membantu mengingat sejumlah besar informasi yang melibatkan unsur yaitu: pengkodean,pemeliharaan dan penyerapan. Sedangkan Index Card Match salah satu strategi belajar aktif yang berhubungan dengan cara mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dan menguji pengetahuan dengan cara bermain kuis mencari pasangan kartu yang berupa pertanyaan dan jawaban.
Permasalahan yang terjadi di SMA Pncasila ambulu kelas XI Ips kurangnya inovasi, guru hanya mengajar menggunakan metode mengajar konvensional, peserta didik kurang aktif bertanya, mejawab bahkan menanggapi, peserta didik mudah lupa materi yang sudah diajarkan dan nilai peserta didik banyak dibawah KKM.
Tujuan penelitian ini, 1. untuk mendeskripsikan penerapan startegi Quantum Qetient dan Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah atas Ambulu tahun pelajaran 2022/2023. 2. untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan strategi Quantum Quetient dan Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah atas Ambulu tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data kualitatif menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan antar peneliti.
Dapat disimpulkan penerapan perpaduan strategi Quantum Quetient dan Index Card Match dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya pada siklus I setelah guru menjelaskan materi pengertian beriman kepada rasul, perbedaan nabi rasul, ayat terkait dan nama-nama nabi rasul dengan teknik menghafal dengan bernyanyi lalu menerapkan Index Card Match dengan teknik mencari pasangan kartu pertanyaan jawaban dan dilanjut menerapkan Quantum Quetient dengan teknik meresume atau meringkas pelajaran yang telah dipelajari dan terakhir post test. Lalu pada siklus II setelah guru menjelaskan materi nama-nama rasul lalu menerapkan Quantum Quetient dengan teknik menghafal dengan bernyanyi setelah menjelaskan materi sifat-sifat rasul berikutnya menggunakan teknik menghafal dengan sistem cantol lalu guru menjelaskan kembali materi dan dilanjut menerapkan Index Card Match bermain kartu pasangan pertanyaan jawaban lalu dilanjut teknik menghafal dengan meresume dan terakhir post test. Lalu pada siklus III terlebih dahulu guru menjelaskan materi tentang hikmah beriman kepada rasul dan keterkaitan antara iman kepada rasul dilanjutkan dengan menerapkan Quantum Quetient teknik berfikir kreatif dengan cara diskusi kelompok. hasil proses pembelajaran dimana terjadi peningkatan hasil uji pengetahuan setiap siklusnya, dimana pada saat pra siklus nilai rata-rata 55,36 dan presentase tuntas (19,44%). Pada siklus 1 menjadi nilai rata-rata 74,97 dengan presentase tuntas 58,33% lalu pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 83,36 dengan presentase tuntas 86,11% dan kemudian untuk siklus 3 dengan nilai rata-rata 87,13% dengan presentase ketuntasan 100,00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Widia Restui Amallia
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:39
Last Modified: 11 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25852

Actions (login required)

View Item View Item