Efektivitas customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di bank syariah indonesia kcp rogojampi 2

Ernanda, Intan (2023) Efektivitas customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di bank syariah indonesia kcp rogojampi 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN FIX 2023 (1).pdf

Download (11MB)

Abstract

Intan Ernanda, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. : Efektivitas Customer Service Sebagai Public Relation Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2.
Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin meningkat. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan nasabah. Salah satu pengelolaan paling penting dalam dunia perbankan adalah pengelolaan jasa oleh sumber daya manusianya. Untuk itu, penyedia sumber daya manusia haruslah disiapkan sedini mungkin. Customer service harus memberikan pelayanan yang baik, cepat dan tepat, ramah, sopan dan menyenangkan sehingga nasabah merasa nyaman.Saat memberikan pelayanan kepada nasabah sebaiknya dilakukan dengan sepenuh hati untuk membantu nasabah dalam memenuhi kebutuhannya, tanpa adanya paksaan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana cara Customer Service sebagai Public Relation dalam melayani nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2 ? 2) Apakah pelayanan Customer Service sebagai Public Relation dalam mengatasi keluhan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2 sudah efektif ?
Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui cara Customer Service sebagai Public Relation dalam melayani nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2. 2) Untuk mengetahui pelayanan Customer Service sebagai Public Relation dalam mengatasi keluhan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2 sudah efektif atau belum.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data yaitu pengumpulan data dan penyajian data dan kesimpulan serta pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1). Pelayanan Customer Service di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2 dalam melayani nasabah menganut tiga aspek layanan, yaitu Pendekatan nasabah, penampilan, dan sikap sebagai media meningkatkan kualitas pelayanan demi kenyamanan dan kepuasan nasabah. 2). Customer Service di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2 sudah efektif dalam mengatasi keluhan nasabah dengan dibuktikan oleh respon nasabah dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti yang merasa nyaman dan puas saat mengatasi permasalahan bertransaksi di Bank Syariah Indonesia KCP Rogojampi 2.
Kata Kunci : efektivitas, Customer Service, Public Relation, keluhan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Intan Ernanda
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:42
Last Modified: 10 Jul 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item View Item