Implementasi Sistem Bagi Hasil (Mudharabah) Ternak Sapi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pada Kelompok Ternak Di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember)

Sofi, Ahmad Sofi (2023) Implementasi Sistem Bagi Hasil (Mudharabah) Ternak Sapi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pada Kelompok Ternak Di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Ahmad Sofi_E20172235.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Sofi. 2017. Implementasi Sistem Bagi Hasil (Mudharabah) Ternak Sapi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pada Kelompok Ternak Di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember).
Dalam hukum muamalat, ada beberapa sistem kerjasama yang dikenal seperti muzara’ah, mukhabarah, ijarah, musaqah, syirkah dan sebagainya. Bentuk-bentuk kerjasama tersebut banyak dihajatkan oleh sebagian besar umat manusia. Akad mudharabah merupakan salah satu bentuk akad kerjasama yang menguntungkan antara pihak satu dengan pihak yang lain. Mudharabah merupakan akad perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerjasama dalam suatu usaha. Salah satu pihak menempatkan modal yang disebut dengan shahibul maal, dan pihak lainnya sebagai pengelola usaha yang disebut dengan mudharib. Bagi hasil dari usaha yang dikerjakan dihitung sesuai dengan nisbah yang disepakati antara pihal-pihak yang bekerja sama.
Adapun Fokus Dari Penelitian Ini Adalah 1). Bagaimana pelaksanaan sistem bagi hasil ternak sapi pada kelompok ternak di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? 2). Bagaimana Implementasi Bagi Hasil Ternak Sapi Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?.
Sedangkan untuk tujuannya adalah 1). Untuk mengetahui siatem pelaksanaan bagi hasil ternak sapi pada kelompok ternak di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kec Ledokombo Kabupaten Jember? 2). Untuk mengetahui Implementasi Bagi Hasil Ternak Sapi Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kec Ledokombo Kabupaten Jember?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau (Field Research). Jenis penelitian lapangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Yakni dari berbagai informasi yang berkaitan dari buku-buku yang membahas tentang mudharabah dalam kerja sama, termasuk juga data primer hasil wawancara dengan para pihak yang bersangkutan sebagai objek penelitian.
Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah Dalam usaha bagi hasil peternak di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, menurut peneliti bahwa sistem bagi hasil usaha ini mengusung konsep bagi hasil atau akad mudharabah karena di dalam prakteknya sesuai dengan teori mudharabah, yaitu pemilik modal atau shahibul maal memberikan dana 100% kepada pengelola dana atau mudharib yaitu berupa sapi tersebut kemudian Kegiatan Ternak sapi yang dilakukan oleh masyarakat di Dusun Rowo Desa Karang Paiton Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, pada pelaksanaannya terdapat konsep kerjasama yang sudah jelas dan dibenarkan oleh syara’ selama kegiatan usaha tersebut tidak bertentangan kepada nilai-nilai syari’at Islam

Kata Kunci: Bagi Hasil (Mudharobah), Ternak Sapi Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Sofi Sofi
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:52
Last Modified: 10 Jul 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item