IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELASVIII SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER

Fahmi, M. Yasir (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELASVIII SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Yasir Fahmi REVISI. (2) HARD.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Yasir Fahmi, 2023: Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember.
.Kata Kunci: Implementasi, PAKEM, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai manusia pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Kualitas proses dan hasil belajar mengajar yang rendah menunjukkan bahwa interaksi antara siswa dengan sumber belajar seperti dengan guru dan lingkungan, tidak berjalan efektif sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal yang mengakibatkan mutu pendidikan menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Plus Darus sholah Jember 2)Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Plus Darus sholah Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini ialah termasuk pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Penelititi menentukan subyek dengan menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data analisis dengan menggunakan konsep analisis Milles & Huberman. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAKEM) melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Plus Darus sholah Jember yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Plu s Darus sholah Jember yaitu dengan perencanaan pembelajaran , proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2)Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Plus Darus sholah Jember yaitu: Faktor pendukung, alat dan media pembelajaran yang disediakan sekolah, kreativitas dan motivasi guru serta dukungan dan partisipasi dari orang tua. Faktor penghambat, kurangnya minat siswa terhadap materi pendidikan agama Islam, ruang kelas yang sempit dan kurang kondusif, mata pelajaran PAI yang selalu diujung jampem belajaran mengakibatkan peserta didik kurang konsentrasi karena kelelahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahmi M. Yasir
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:35
Last Modified: 11 Jul 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item