Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perangkat Desa (Studi Atas Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Di Desa Randu Cangkring, Pujer, Bondowoso)

Umi, Hanik (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perangkat Desa (Studi Atas Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Di Desa Randu Cangkring, Pujer, Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI UMI HANIK HTN SELESAI SIDANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Umi Hanik, 2023: Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perangkat Desa (Studi atas Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa di Desa Randu Cangkring, Pujer, Bondowoso).

Kata Kunci: Implementasi Peraturan Daerah, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa
Pemerintahan dikatakan baik dan berjalan positif bila dalam mekanisme pemerintahannya mewujudkan peraturan yang ada yakni Negara Republik Indonesia 1945. Peraturan harus dijalankan, dilaksanakan, dan dipatuhi. Sehingga sangat penting suatu peraturan diimplementasikan dalam interaksi sosial kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Dalam proses pemberhentian perangkat desa di Desa Randu Cangkring Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso justru perangkat desanya yang bermasalah dan seenaknya sendiri tidak masuk kerja lebih dari tiga bulan berturut-turut tanpa alasan yang jelas dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa di Desa Randu Cangkring Pujer Bondowoso? 2) Apa akibat hukum yang ditimbulkan jika Peraturan Daerah tersebut tidak dilaksanakan?
Peneliti ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 1 Tahun 2020 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa di Desa Randu Cangkring, Pujer, Bondowoso. 2) Untuk menganalisis akibat hukum apa yang ditimbulkan jika Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 1 Tahun 2020 tersebut tidak dilaksanakan?
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan mengunakan teknik trigulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dalam pemilihan perangkat desa di Desa Randu Cangkring Pujer Bondowoso sudah berjalan dengan baik, namun di samping itu masih terdapat kendala yaitu kurangnya pemahaman perangkat desa dan kuranngnya transparansi perangkat desa dalam memahami Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa di Desa Randu Cangkring Pujer Bondowoso. Apabila tidak dilaksanakan sesuai Perda Bondowoso maka akan terjadi kurangnya pelayanan secara optimal terhadap masyarakat dan visi misi yang ada di Desa Randu Cangkring tidak akan terwujud. Akibat hukum yang ditimbulkan jika perda tersebut tidak dilaksanakan yaitu memberikan saksi terhadap pihak yang bersangkutan baik sanksi administratif, pemberhentian menjadi perangkat desa, dan sanksi pidana berupa denda dan kurungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1802 Maori Law > 180201 Nga Tikanga Maori (Maori Customary Law)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mrs Umi Hanik
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:58
Last Modified: 10 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25871

Actions (login required)

View Item View Item