IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QOUTIENT (EQ) SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII F SMPN 2 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Anna Silvia (2023) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QOUTIENT (EQ) SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII F SMPN 2 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNA SILVIA PUTRI_T20191330 (SKRIPSI)-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kecerdasan sangat penting dalam proses pembelajaran terutama kecerdasan emosional, beberapa ahli menjelaskan definisi kecerdasan emosional (Emotional Quotient). Daniel Goleman juga menyatakan bahwa pengertian dari kecerdasan emosional yaitu kemampuan individu dalam menyesuaikan dan mengatur emosinya, menjaga keseimbangan emosi melalui keterampilan kesadaran diri, pengelolaan diri, memotivasi diri, empati dan keselarasan sosial.
Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana implementasi metode diskusi kelompok dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII F SMPN 2 Ambulu?. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII F SMPN 2 Ambulu?.
Tujuan penelitian yakni, 1) Mendeskripsikan implementasi metode diskusi kelompok dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII F SMPN 2 Ambulu. 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII F SMPN 2 Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan teori Miles, Huberman and Saldana, yaitu Data Condensation (kondensasi data), Data display (penyajian data), dan Conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Implementasi metode diskusi kelompok dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII F dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu dengan mempersiapkan materi diskusi, membuat perencanaan proses diskusi, membuat bahan tindak lanjut, kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi, menyampaikan langkah-langkah diskusi, memberikan bahan diskusi sesuai materi, dan memberikan bimbingan dan arahan untuk memecahkan masalah dengan baik dan benar, dan siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi, memberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan dan saran kepada kelompok lain, membuat kesimpulan dari hasil diskusi, dan meminta saran atau masukan dari penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran. 2. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yakni perbedaan latar belakang, kurang antusias dalam belajar, keadaan lingkungan, kurangnya partisipasi, banyaknya alasan, kurangnya kesadaran, kemudian faktor pendukung guru dalam meningkatkan emotional quotient (EQ) siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yakni memberikan semangat, memberikan kebijakan sekolah, memberikan tekanan akan kepedulian, SDM yang professional, lokasi yang mudah dijangkau, sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Skripsi Anna Silvia Putri
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:22
Last Modified: 10 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25873

Actions (login required)

View Item View Item