Analisis SWOT Pada Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember

Muhammad Wefi, Rosidi (2023) Analisis SWOT Pada Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Wefi Rosidi ES_E20182102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Desa Sumberanget di tahun 2021 berdiri 3 UMKM. Diantaranya adalah UMKM olahan keripik singkong, UMKM kerajinan manik, dan UMKM kerajinan tangan. Namun saat ini hanya tersisa 1 UMKM yang masih beroperasi, ini disebabkan karena rata-rata di Desa Sumberanget adalah pedagang, hal ini menyebabkan ketatnya persaingan di Desa Sumberanget. UMKM yang tersisa yaitu SA Handycraft, UMKM SA Handycraft bertahan dengan kemampuan usaha yang dimilikinya. SA Handycraft bisa bertahan karena inovasi pada produknya. Dari inovasi tersebut ada strategi yang akan membantu merencanakan langkah yang akan di ambil oleh suatu usaha. Dari strategi ini diperhatikan juga factor eksternal serta internal perusahaan agar rencana yang di ambil tidak salah langkah, dengan menggunakan analisis SWOT.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana strategi inovasi produk dalam meningkatkan daya saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember.? 2. Bagaimana analisis SWOT pada strategi inovasi produk dalam menigkatkan daya saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember.?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi inovasi produk dalam meningkatkan daya saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember. 2. Untuk mengetahui analisis SWOT pada strategi inovasi produk dalam meningkatkan daya saing UMKM SA Handycraft di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunalkan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil yang di dapatkan oleh peneliti, strategi inovasi produk yang dilakukan SA Handycraft diantaranya adalah (1) SA Handycraft menggunakan bahan baku kerajinan nyaman, ringan, dan sejuk. (2) Berbagai macam variasi produk yang di produksi SA Handycraft. (3) Varian produk SA Handycraft mengikuti tren yang sedang berlangsung. Analisis SWOT pada strategi inovasi produk UMKM SA Handycraft yaitu kekuatan pada varian produk yang diciptakan, kelemahan pada permintaan warna bahan dari konsumen, peluang dari sisi kualitas produk dan ancaman SA Handycraft adalah datangnya pesaing dengan memproduksi produk yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Wefi Rosidi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:10
Last Modified: 12 Jul 2023 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item