PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Laili, Sirojul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
SIROJUL LAILI_compressed.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sirojul Laili, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble
Berbantuan Flashcard Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi
Ekosistem Kelas X di MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran
2022/2023.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble, Flashcard, Minat Belajar,
Hasil Belajar.
Penggunaan model pembelajaran konvensional oleh guru merupakan latar
belakang dari penelitian ini, sehingga minat belajar siswa rendah dan berdampak
pada hasil belajar siswa. Guru memiliki kewajiban untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang baik, salah satu upaya untuk mendukung tercapainya tujuan
pembelajaran adalah inovasi model pembelajaran, yaitu penggunaan model
pembelajaran yang memacu siswa untuk belajar secara aktif. Untuk itu, model
pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flashcard menjadi alternatif
untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga minat belajar siswa
meningkat dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan minat belajar siswa
setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan
flashcard, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flashcard, 3) Mengetahui
adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble
berbantuan flashcard terhadap minat belajar siswa, 4) Mengetahui adanya pengaruh
yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flashcard
terhadap hasil belajar siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis
quasi experimental design tipe nonequivalent group post-test only design. Populasi
penelitian mencakup siswa kelas X MA Wahid Hasyim Balung Jember dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan
sampel kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji Z
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata minat belajar
siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu: 83,23 dengan 80,47
2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol,
yaitu: 86,29 dengan 82,82 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flashcard terhadap minat belajar
siswa pada materi ekosistem kelas X di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun
pelajaran 2022/2023 dengan hasil uji Z yaitu Zhitung > Ztabel (2,909 > 1,96) dan Sig
(2-tailed) = 0,005 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flashcard terhadap hasil belajar
siswa pada materi ekosistem kelas X di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun
pelajaran 2022/2023 dengan hasil uji Z yaitu Zhitung > Ztabel (2,104 > 1,96) dan Sig
(2-tailed) = 0,039 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr Laili Sirojul
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:16
Last Modified: 11 Jul 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item