BUDAYA SEBAGAI DAYA TARIK DAERAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KEMIREN KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI

Muhammad Siva, Iqbal Safaat (2023) BUDAYA SEBAGAI DAYA TARIK DAERAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KEMIREN KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text
REVISI SIVA_wm-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Siva Iqbal Safaat, 2023: Budaya Sebagai Daya Tarik
Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Desa Kemiren
Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.

Suatu pertumbuhan ekonomi sangatlah di pengaruhi oleh nilai-nilai budaya yang terkait dalam suatu bangsa. Ekonomi telah menjadi salah satu aspek utama suatu penggerak kehidupan, sehingga relasi antara aspek ekonomi dan budaya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari menjadi hal yang sangat penting.Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam menghidupkan budaya yang ada di desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi?
(2) Bagaimana pengembangan budaya sebagai daya tarik daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam menghidupkan budaya yang ada di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi (2) Untuk mengetahui pengembangan budaya sebagai daya tarik daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang berlandaskan studi kasus, yang di mana di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa aktivitas, proses atau sekelompok individu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Partisipasi dari masyarakat dalam menghidupkan budaya di desa Kemiren dapat dikatakan baik dan seimbang dengan pemerintahan. Kerjasama yang terjadi menjadikan
pemahaman antara posisi dan perannya dalam pengembangan desa wisata budaya osing kemiren. Adanya masyarakat desa kemiren yang berpartisipasi penuh dalam pengembangan Desa Wisata sangat berpengaruh dalam memegang adat istiadat yang ada, sehingga apa yang sudah di wariskan bisa berlanjut kepada generasi selanjutnya.Dengan adanya pengembangan Wisata ini, masyarakat desa kemiren memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri untuk meningkatkan pendapatan. Dapat di simpulkan bahwa kehidupan masyarakat Kemiren lebih sejahtera setelah diadakannya Desa Wisata Adat Osing di banding dengan sebelumnya. Banyak sekali keistimewaan yang dapat di temukan
di desa kemiren, antara lain bahasanya, bentuk rumah,upacara-upacara adat, dan juga seni tradisional yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. dan menikmati pengalaman terlibat langsung dengan kebudayaan yang ada.
Kata Kunci :Budaya, Daya Tarik, Meningkatkan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Siva Iqbal Safaat
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:20
Last Modified: 10 Jul 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25884

Actions (login required)

View Item View Item