ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEREMPUAN KARIR DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS ADVOKAT PEREMPUAN DI KABUPATEN JEMBER)

Muhammad, Baihaqi Idris (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEREMPUAN KARIR DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS ADVOKAT PEREMPUAN DI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skrispsi final fiks revisi 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Baihaqi Idris, 2023: Analisis Hukum Islam Terhadap Upaya Perempuan Karir Dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Kasus Advokat Perempuan Di Kabupaten Jember).
Kata kunci: Upaya Perempuan Karir, Keluarga Sakinah, Advokat.
Penelitian ini berangkat dari cerita yang didapatkan oleh peneliti pada saat Program Kerja Lapangan di salah satu kantor advokat di Kabupaten Jember berupa fakta kehidupan perempuan yang bekerja sebagai advokat. Dalam hal ini, potensi seorang yang berprofesi sebagai advokat tidak jarang melupakan kewajiban yang diembannya. Sehingga berimplikasi pada terhambatnya pembentukan keluarga sakinah yang dicita-citakan setiap pasangan.
Penelitian ini berfokus pada 2 fokus penelitian yang telah dirumuskan yaitu: 1) Bagaimana upaya perempuan karir dalam membentuk keluarga sakinah bagi perempuan profesi advokat di Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap upaya perempuan profesi advokat di Kabupaten Jember dalam membentuk keluarga sakinah?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kulaitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer berupa informasi yang didapat dari informan seseorang yang berprofesi advokat Kabupaten Jember dan sekunder berupa dokumen penunjang data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisa yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian dari penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Upaya mewujudkan keluarga sakinah secara teoritis tidak memiliki parameter yang rigid, karena dalam pengejewantahan konsep keluarga sakinah setiap individu memiliki penafsiran dan ukuran yang berbeda-beda. berdasarkan pendapat dari perempuan yang berprofesi sebagai advokat di Kabupaten Jember secara umum terklasifikasikan pada lima upaya yaitu; Dilandaskannya pembentukan keluarga sakinah pada dasar agama yang kuat, Adanya pemahaman, penghayatan dan kesepakatan kedua belah pihak atau suami dan istri dalam mewujudkan keluarga sakinah, Membangun komitmen dan kepercayaan yang kuat diantara suami dan istri, Manajemen konflik yang baik dan pola komunikasi keluarga yang positif, Dipenuhinya hak dan kewajiban masing-masing pasangan serta pemahaman terhadap kedudukan suami dan istri, 2) Dalam syariat Islam tidak membatasi cara setiap orang dalam mengupayakan terwujudnya keluarga sakinah, dengan catatan bahwa upaya yang dilakukan masih berada pada koridor dan batas yang diperbolehkan oleh syariat. Sehingga, meskipun upaya yang dilakukan dipandang baik oleh kedua pasangan, akan tetapi upaya tersebut berada pada koridor yang melanggar aturan syariat, maka upaya tersebut tidak boleh dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Muhammad Baihaqi Idris
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:37
Last Modified: 13 Jul 2023 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item