Analisis Pengembangan Usaha Gula Jawa Di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

amirudin, yusuf (2023) Analisis Pengembangan Usaha Gula Jawa Di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi skripsi yusuf(2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha gula jawa yang ada di Desa Kalibendo mengalami beberapa hambatan yang menyebabkan perkembangan usaha gula jawa tidak maksimal. Hambatan-hambatan pada usaha gula jawa di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu; hasil produksi yang terkadang rusak, produksi terhambat cuaca, persaingan dengan pengusaha lain, kecurangan pembeli dan lain-lain. Namun dibalik hambatan-hambatan tersebut usaha gula jawa Desa Kalibendo tetap gigih dalam mendirikan usahanya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pengembangan usaha gula jawa di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Usaha Gula Jawa di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengembangan usaha gula jawa Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang berjenis vertikal, yakni pengembangan usaha melalui inti bisnis seperti produk, penjualan, dan pemasaran. Adapun strategi pengembangan usaha gula jawa Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang melalui strategi produk dilakukan dengan cara memproduksi gula jawa menjadi tiga bentuk (kerekan, batok, dan dakon) dan tiga warna (merah, kuning, dan coklat kehitaman, menyesuaikan produksi gula jawa dengan bentuk dan warna yang disukai pembeli, dan menjaga kualitas keaslian gula jawa dan kebersihannya. Melalui strategi penjualan dilakukan dengan cara menjual gula jawa sesuai dengan kapasitas permintaan pasar, menjaga kualitas produk agar konsumen merasa puas, menyesuaikan penjualan bentuk dan warna gula jawa dengan yang disukai pasar. Melalui strategi sinergisme dilakukan dengan cara memperluas pemasaran produk dengan menelusuri toko-toko berbagai pasar

Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Gula Jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mohammad yusuf amirudin yusuf
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:57
Last Modified: 10 Jul 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item View Item