Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Peserta Didik Anak Berkebutuhan khusus Di SDN 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Himah Muddah, Nila (2023) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Peserta Didik Anak Berkebutuhan khusus Di SDN 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
skripsi nila watermark.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan sebuah solusi dari persamaan hak dalam memperoleh pendidikan yang bermutu. Pada dasarnya pendidikan inklusif merupakan sebuah pendidikan dimana anak regular dan anak berkebutuhan khusus bersekolah dalam satu sekolah yang sama. Hal ini perlu adanya manajemen kepala sekolah agar pelaksanaannya berjalan dengan baik. Salah satu sekolah dasar atas pelaksanaan pendidikan inklusif di Banyuwangi adalah SDN 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan kepengawasan pendidikan inklusif pada peserta didik ABK di SDN 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Manajemen kepala sekolah dalam merencanakan pendidikan inklusif pada peserta didik ABK di SDN 1 Bangorejo dimulai dengan menyiapkan tenaga profesional untuk mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif, membangun sarana fisik yang mendukung aksesibilitas, mempersiapkan dokumen-dokumen yang mendukung, penerimaan siswa berkebutuhan khusus, dan bekerjasama dengan lembaga yang relevan. 2). Manajemen kepala sekolah dalam mengorganisasikan pendidikan inklusif pada peserta didik ABK di SDN 1 Bangorejo yaitu pembagian tugas pelaksana, menyesuaikan tanggung jawab dan wewenang bagi setiap anggota serta memastikan organisasi berjalan sesuai yang diharapkan. 3). Manajemen kepala sekolah dalam penggerakkan pendidikan inklusif pada peserta didik ABK di SDN 1 Bangorejo yaitu Kepala sekolah dalam penggerakkannya pendidikan inklusif pada peserta didik ABK yaitu memberikan arahan dan motivasi kepada guru maupun siswa dan sudah berusaha mencukupi berbagai sarana penunjang yang diperlukan oleh peserta didik normal maupun berkebutuhan khusus. Untuk anak berkebutuhan khusus didampingi oleh guru pendamping khusus (GPK). 4). Manajemen kepala sekolah dalam kepengawasan pendidikan inklusif pada peserta didik ABK di SDN 1 Bangorejo yakni adanya kepengawasan dalam suatu organisasi dapat memastikan apakah yang sudah direncanakan dan dilaksanakan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan adanya pengawasan ini dapat digunakan sebagai penilaian dan evaluasi untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari pengelolaan yang telah mereka laksanakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nila Himah Muddah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:32
Last Modified: 11 Jul 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25913

Actions (login required)

View Item View Item