Strategi Pemasaran UMKM Sinta Krees di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi

Zulfa, Ni'matus (2023) Strategi Pemasaran UMKM Sinta Krees di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Zulfa_Strategi pemasaran UMKM Sinta Krees.pdf

Download (9MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu pada bidang pemaaran, hal tersebut bisa di gunakan sebagai panduan untuk menjalankan kegiatan pemasaran. UMKM merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia, UMKM merupakan tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan untuk mengurangi masalah kemiskinan, dan pengembangannya dapat memperluas perekonomian dan sangat meningkatkan perekonomian daerah serta keberlangsungan perekonomian nasional.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran UMKM “Sinta Krees” di kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi? 2) Apa kendala yang terjadi pada strategi pemasaran di UMKM “sinta krees” di kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UMKM “Sinta Krees” di kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui kendala yang saat ini sedang terjadi terkait strategi pemasaran di UMKM “Sinta Krees” kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber
Hasil dari penelitian yang peneliti dapatkan, maka analisis yang dapat di simpulkan adalah 1) produk yang di produksi UMKM Sinta Krees adalah makanan ringan, seperti kripik pisang, glithi, sale pisang, ladrang dan yang lainya. Dalam penetapan harga UMKM Sinta Krees sudah memaksimalkan berdasarkan kalkulasi dari bahan baku. Tempat dan proses distribusi yang disalurkan dalam memasarkan produknya dengan dititipkan di berbagai toko dan warung. Sedangkan promosi yang dilakukan dengan memperkenanlkan produknya secara langsung dari satu orang ke orang lain. 2) keinginan memasarkan produk menggunakan online shopping menjadi sebuah permasalahan dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait program tersebut, online shopping menjadi salah satu proyek yang akan dikerjakan kedepanya untuk membantu memaksimalkan omset penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: Zulfa Ns Zugus Style
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:13
Last Modified: 10 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item