Pengembangan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping kelas IV pada pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) UPT sekolah dasar negeri (SDN) 39 Gresik

Safitri, Cynthia (2023) Pengembangan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping kelas IV pada pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) UPT sekolah dasar negeri (SDN) 39 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Cynthia Safitri)
Cynthia Safitri _T20194100.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu pokok penting yang memberikan pengaruh dalam proses belajar untuk itu perlu memilah, membuat, dan memilih media pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan karakter siswa. Di UPT Sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri 39 ditemukan bahwa di sana tersedia media pembelajaran yang berupa poster gambar keanekaragaman budaya Indonesia namun hal ini tidak memeberikan pengaruh terhadap proses belajar siswa, di dalam kelas siswa masih merasakan kejenuhan saat belajar karena terlalu monoton. Melihat dari kakteristik dan gaya belajar siswa mereka lebih aktif jika ada pembelajaran berbasis permainan, untuk itu media Kartu Kuartet Ber-barcode cocok digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi kekayaan budaya Indonesia yang begitu banyak. Penggunaan media kartu kuartet ber-barcode ini digunakan dengan harapan agar proses belajar lebih aktif, dan siswa tidak merasa jenuh saat belajar sehingga materi yang di berikan dapat di ingat oleh siswa. Apalagi penggunaan media kartu kuartet ber-barcode ini akan lebih cocok lagi jika dipadukan dengan model pembelajaran mind mapping.
Berdasarkan latar belakang penelitian penelitian ini di lakukan dengan rumusan pemasalahan yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping krlas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial UPT Sekolah Dasar Negeri 39 Gresik?. 2) Bagaimana kelayakan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping krlas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial UPT Sekolah Dasar Negeri 39 Gresik?
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping kelas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial UPT Sekolah Dasar Negeri 39 Gresik?. 2) Mengetahui kelayakan media kartu kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping kelas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial UPT Sekolah Dasar Negeri 39 Gresik?.
Jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni R&D (research and development) atau penelitian dan pengembangan. Dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Bedasarkan hasil penelitian pengembangan media Kartu Kuartet ber-barcode dengan model pembelajaran mind mapping pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dapat di simpulkan bahwa Pengembangan media kartu kuartet dari segi desain terdapat warna-warna yang bervariasi, gambar-gambar yang terdapat di kartu terlihat sangat jelas, dan barcode yang ada dikartu kuartet dapat langsung diakses menggunakan HP, kemudian dari segi bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh siswa. Kelayakan Media Kartu Kuartet Ber-barcode diketahui dengan melakukan validasi, validasi ini dilakukan sebagai acuan sebelum melakukan uji coba media. Validasi dilakukan oleh 3 validator yakni validator ahli media dengan rata-rata 94% validator ahli materi dengan rata-rata 90% dan validator ahli pembelajaran dengan rata-rata 98% dengan ini nilai keseluruhan yang di dapat rata-rata 94% yang dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang di kembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan. Kemudian hasil analisis angket repon guru dan siswa dapat diketahui bawah angket repon guru menjukkan angka 92,5% dengan kategori sangat setuju dan skor rata-rata angket repon siswa menujukkan angka 85,3% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan analisis nilai rata-rata dari keduanya yakni 88,9% dengan kriteria sangat setuju. Dari hasil tersebut dapat dilihat bawah media kartu kuartet ber-barcode sangat menarik untuk digunakan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cynthia Safitri Cynthia Safitri
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:39
Last Modified: 10 Jul 2023 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item