IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKASI TOTAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB ABC BALUNG JEMBER

Wulandari, Dwi Rahayu (2023) IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKASI TOTAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB ABC BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Skripsi DwiRahayuwulandariT20161198.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dwi Rahayu Wulandari, 2023. Implementasi Metode Komunikasi Total Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Slb Abc Balung Jember

Kata Kunci : Komunikasi Total,Pembelajaran PAI

Penelitian ini membahas tentang implementasi metode komunikasi total pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa ABC Balung Jember. Penelitian ini berlandaskan pada UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1 tentang siapapun warga Negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran, termasuk para anak-anak berkebutuhan khusus.
Fokus penelitian ini terbatasi menjadi tiga yakni: 1). Bagaimana Perencanaan Metode Komunikasi Total pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB ABC Balung Jember?, 2).Bagaimana Implementasi Metode Komunikasi Total pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB ABC Balung Jember?, 3)Bagaimana Evaluasi Metode Komunikasi Total pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB ABC Balung Jember?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan (Field Research). Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif miles Hubermen dan saldana meliputi : kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini diantaranya: 1). Perencanaan Metode Komunikasi Total pada Pembelajaran PAI dilaksanakan dengan analisis kebutuhan serta persiapan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. .2) Implementasi metode komunikasi total dengan Komponen oral dilakukan oleh pendidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan bicara lisan dan ujaran. Pendidik menyampaikan materi dengan jelas, singkat dan padat dengan mempertegas mimik serta memperjelas suku kata untuk mempermudah peserta didik dalam menangkap materi yang dijelaskan. Komponen manual dilaksanakan pendidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan isyarat, dan sesekali ejaan jari berbantuan media pembelajaran visual. 3). Evaluasi pembelajaran PAI dengan Metode Komunikasi Total dilaksanakan dengan tes lisan, tulisan dan praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wulandari Dwi Rahayu
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:55
Last Modified: 11 Jul 2023 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25924

Actions (login required)

View Item View Item