Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Literasi Sains Untuk Peserta Didik Kelas VIII di Smpn 2 Silo

Mutmainnah, Amelia (2023) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Literasi Sains Untuk Peserta Didik Kelas VIII di Smpn 2 Silo. Diploma thesis, UIN KH Achmad siddik jember.

[img] Text
SKIRIPSI AMELIA MUTMAINNAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Amelia Mutmainnah, 2023: Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Literasi Sains Untuk Peserta Didik Kelas VIII di Smpn 2 Silo.

Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Masalah, Materi Sistem Ekskresi Manusia, Literasi Sains.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama pada media sosial, literasi berperan penting dan sangat dibutuhkan agar peserta didik mampu memakai media sosial sesuai kebutuhan. Karena media sosial saat ini dapat dikatakan menguasai kehidupan sehari-hari bagi semua orang termasuk peserta didik. Permasalahan yang ditemukan peneliti di tempat penelitian yaitu literasi sains peserta didik masih rendah dikarenakan bahan ajar yang ada belum cukup untuk membuat peserta didik mendapatkan informasi dalam proses pembelajaran, juga belum membantu pendidik menerangkan hal-hal yang harusnya diketahui peserta didik, sebagai awal melaksanakan pembelajaran dalam pembelajaran IPA, perlu diterapkannya bahan ajar berbasis masalah yang sesuai dengan pembelajaran berbasis peneletian untuk memperkuat pendekatan ilmiah. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar IPA berbasis masalah pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Silo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen diterapkan secara kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 02 Silo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga sampel yang di dapat adalah kelas VIII A SMPN 2 SILO yang terdiri dari 33 peserta didik. Data yang digunakan adalah hasil dari pretest dan posttest.
Berdasarkan pembahasan serta hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan bahan ajar IPA berbasis masalah terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 2 Silo tahun pelajaran 2022/2023, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,026.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020101 Astrobiology
03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030102 Electroanalytical Chemistry
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060302 Biogeography and Phylogeography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Amelia Mutmainnah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:28
Last Modified: 10 Jul 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25930

Actions (login required)

View Item View Item