STIMULASI BERNYANYI PADA ANAK GANGGUAN ARTIKULASI TIPE SUBSTITUSI DI KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL AR-RIDLWAN KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RIZQI FAJRIAH, ALIFAH (2023) STIMULASI BERNYANYI PADA ANAK GANGGUAN ARTIKULASI TIPE SUBSTITUSI DI KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL AR-RIDLWAN KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RIZQI FAJRIAH ALIFAH_T20195076.pdf

Download (12MB)

Abstract

Rizqi Fajriah Alifah, 2023: Stimulasi Bernyanyi pada Anak Gangguan Artikulasi Tipe
Substitusi di Kelompok A Raudhatul Athfal Ar-Ridlwan Kecamatan Ajung Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Stimulasi Bernyanyi, Gangguan Artikulasi Tipe Substitusi
Gangguan artikulasi tipe substitusi merupakan salah satu gangguan bahasa dan
bicara yang dialami oleh anak, dimana terjadi kesalahan dalam pengucapan lambang�lambang bunyi berupa penggantian suatu bunyi huruf yang tidak sesuai dengan bunyi
vokal dan konsonan pada saat pembelajaran berlangsung. Mendeteksi gangguan
artikulasi sejak dini akan memudahkan anak untuk berkembang secara optimal. Salah
satu stimulasi yang diberikan pada anak kelompok A RA Ar-Ridlwan yang memiliki
gangguan artikulasi adalah dengan stimulasi bernyanyi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan stimulasi
bernyanyi pada anak gangguan artikulasi tipe substitusi di Kelompok A RA Ar�Ridlwan Kec. Ajung Kab. Jember TA 2022/2023? 2) Apa saja hambatan dalam
pemberian stimulasi bernyanyi pada anak gangguan artikulasi tipe substitusi di
Kelompok A RA Ar-Ridlwan Kec. Ajung Kab. Jember TA 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan stimulasi
bernyanyi pada anak gangguan artikulasi tipe substitusi di Kelompok A RA Ar�Ridlwan Kec. Ajung Kab. Jember TA 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan
hambatan dalam pemberian stimulasi bernyanyi pada anak gangguan artikulasi tipe
substitusi di Kelompok A RA Ar-Ridlwan Kec. Ajung Kab. Jember TA 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Penelitian ini berlokasi di lembaga RA Ar-Ridlwan, jalan MH.
Thamrin No. 140 Kec. Ajung Kab. Jember. Penentuan subjek dalam peneitian ini
dilakukan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dalam tiga langkah yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan
adalah menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi
waktu.
Adapun hasil penelitian ini, sebagai berikut: 1) Penerapan stimulasi bernyanyi
pada anak gangguan artikulasi tipe substitusi di kelompok A di RA Ar-Ridlwan
dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan yakni guru menentukan
tujuan pembelajaran, memilih materi pembelajaran tema yang hendak diberikan
kemudian menyusun kegiatan yang akan dilalui oleh anak dalam pembelajaran.
Tahap pelaksanaan yakni guru memperkenalkan lagu-lagu yang akan dinyanyikan
sembari mengajak anak untuk mengikuti gerakan-gerakan seperti yang sudah
dicontohkan oleh guru. Tahap terakhir yakni mengevaluasi untuk mengetahui sejauh
mana keberhasilan anak pada proses pembelajaran. 2) Hambatan dalam pemberian
stimulasi bernyanyi pada anak gangguan artikulasi tipe substitusi di kelompok A di
RA Ar-Ridlwan adalah a) Aspek guru yakni kurangnya guru dalam memperhatikan
dan memahami kriteria pemberian stimulasi bernyanyi pada anak gangguan
artikulasi; b) Aspek anak didik yakni ketertarikan pada kegiatan bernyanyi yang
masih kurang, sulit menghafal lirik lagu yang diajarkan oleh guru dan tingkat
konsentrasi anak yang rendah; c) Aspek fasilitas lembaga yakni media yang kurang
memadai dan dan masih terbatas karena kurangnya dana yang dimiliki lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: RIZQI FAJRIAH ALIFAH
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:46
Last Modified: 10 Jul 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25935

Actions (login required)

View Item View Item