Hubungan Self Efficacy Dengan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Maulah, Sidatul (2023) Hubungan Self Efficacy Dengan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Sidatul Maulah T20198144 Biologi.pdf

Download (20MB)

Abstract

Self efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, termasuk mengatasi permasalahan lingkungan. Kaitannya Self efficacy dengan literasi lingkungan adalah penilaian individu terhadap kemampuan diri dalam mengambil sikap dan tindakan yang diyakininya benar untuk memecahkan permasalahan lingkungan. Literasi lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian manusia terhadap lingkungan melalui sikap dan perilaku positif dalam berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan literasi lingkungan siswa kelas X di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah self efficacy siswa kelas X di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimanakah literasi lingkungan kelas X di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Adakah hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan literasi lingkungan siswa kelas X di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 84 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket skala likert dan tes soal. Korelasi product moment digunakan sebagai teknik analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan self efficacy dengan literasi lingkungan siswa kelas X SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun ajaran 2022/2023, dengan analisis data nilai korelasi (r) sebesar 0,311 dan nilai signifikansi 0,004. Keeratan hubungan kedua variabel tersebut tergolong lemah dan memiliki hubungan bernilai positif. Self efficacy mendorong siswa untuk berkelanjutan, pro-lingkungan, meningkatkan pengetahuan lingkungan, dan tertantang dalam menyelesaikan tugas yang memicu perilaku peduli lingkungan. Jadi, semakin tinggi self efficacy siswa, maka semakin tinggi literasi lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self Efficacy, Literasi Lingkungan.
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050206 Environmental Monitoring
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050208 Maori Environmental Knowledge
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Sidatul Maulah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:16
Last Modified: 11 Jul 2023 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25937

Actions (login required)

View Item View Item