Hubungan Minat Belajar Peserta Didik dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP Islam

0Afifuddin (2023) Hubungan Minat Belajar Peserta Didik dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP Islam. Undergraduate thesis, Uin Khas Siddik.

[img] Text
SKRIPSI AFIFUDDIN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Afifuddin, 2023: Hubungan Minat Belajar Peserta Didik dengan Hasil Belajar
pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP Islam
Syafi'iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo.
Kata kunci: Minat Belajar Peserta Didik, Hasil Belajar
Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta
didik adalah minat belajar. Minat belajar yang kuat akan mendorong peserta didik
untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan berusaha mencapai hasil belajar
yang maksimal. Oleh karena itu, penelitian tentang hubungan antara minat belajar
dan hasil belajar peserta didik menjadi sangat penting untuk dilakukan sebagai
bahan evaluasi dan upaya menentukan keberhasilannya dalam proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dan seberapa
besar hubungan minat belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VII SMP Islam Syafi'iyah Tarokan
Banyuanyar Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitaf.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Syafi'iyah
Tarokan Banyuanyar Probolinggo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah
sampel yaitu 15 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi
dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan IBM SPSS
Statistic 25 yang dimulai dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan
uji linieritas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis yaitu dengan uji korelasi product
moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji korelasi product moment
memperoleh nilai signifikansi pada variabel minat belajar sebesar 0,000 (sig. (2-
tailed) < 0,05) dan varibel hasil belajar sebesar 0,000 (sig. (2-tailed) < 0,05) dan
apabila dilihat dari nilai r diperoleh bahwa nilai r hitung (Pearson Correlation)
sebesar 0,971 dan r tabel sebesar 0,514 yang artinya nilai r hitung > r tabel.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
minat belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu
pengetahuan alam di kelas VII SMP Islam Syafi‟iyah Tarokan Banyuanyar
Probolinggo dan Interpretasi (tingkat hubungan) dari minat belajar peserta didik
dan hasil belajar peserta didik memiliki hubungan yang kuat (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0402 Geochemistry > 040202 Inorganic Geochemistry
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060303 Biological Adaptation
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060304 Ethology and Sociobiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan Afifuddin
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:14
Last Modified: 10 Jul 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25938

Actions (login required)

View Item View Item