PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN RAMBIPUJI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rifayaki, Choirena (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN RAMBIPUJI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi rena skripsi(1)(1)- fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Choirena Rifayaki,2023: Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X di SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Model Open Ended, Kemampuan berpikir kritis

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dan sebagai pedoman yang dapat memudahkan mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Open Ended merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi. Kemampuan berpikir kritis pada biologi memiliki peranan penting yakni meningkatkan proses, hasil belajar dan pembelajaran yang lebih bermakna serta minat dan semangat siswa terutama pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Open Ended pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Open Ended pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (3) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X di SMAN Rambipuji Jember pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dengan desain non-equevalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 282 siswa. Teknik sampling menggunakan jenis purposive sampling dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes serta teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan uji-t (t-test).
Hasil penelitian ini yakni, (1) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen setelah diterapkan pembelajaran Open Ended didapatkan nilai rata-rata sebesar 87,74 sehingga tergolong tinggi (2) Hasil dari postes kelas kontrol pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,80 sehingga tergolong rendah (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X. Hal ini dibuktikan dengan dari hasil uji t (t-tes) post tes kelas eksperimen dengan perolehan perhitungan sig (2-tailled) 0,000. < sig (0,05), sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Open Ended pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah memberikan pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
Depositing User: Rena CR Choirena rifayaki
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:41
Last Modified: 10 Jul 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25941

Actions (login required)

View Item View Item