PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP/MTs

Lulu Frida, Oktavia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Lulu Frida Oktavia_T201910044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, roda putar, hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa di SMPN 1 Rambipuji. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu proses pembelajaran yang masih menggunakan pola lama, yaitu menggunakan model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru atau teacher centered. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan model pembelajaran yang dapat membuat mereka aktif selama pembelajaran berlangsung, yaitu dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan bantuan media roda putar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP/MTs?. 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP/MTs?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa, dengan masing-masing jumlah siswa untuk kelas VIII F 28 siswa dan untuk kelas VIII G 30 siswa.
Hasil dari penelitian ini meliputi:1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media roda putar diawali dengan penyajian kelas, pembagian kelompok, permainan akademik, dan penghargaan. 2)Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media roda putar, dengan meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymp. Sig 0,000 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020501 Classical and Physical Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: lulufrida oktavia
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:08
Last Modified: 10 Jul 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item