PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MEDIA PAPAN TULIS INTERAKTIF SKETCHBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER

Usamah, Muhammad (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MEDIA PAPAN TULIS INTERAKTIF SKETCHBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI USAMAH watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Usamah, 2023: Pengembangan E-LKPD berbasis papan tulis interaktif sketchboard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI IPA di SMA Negeri Rambipuji Jember

Kata Kunci: E-LKPD, papan tulis sketchboard, hasil belajar, barisan dan deret
aritmatika
Mata pelajaran matematika memerlukan pembelajaran yang interaktif agar dapat membuat siswa lebih senang dan tidak bosan. Karena seperti yang diketahui matematika merupakan ilmu abstrak dan tidak bisa diamati panca indera. Sehingga siswa masih saja kesulitan. Menurut pendapat Peker and Mirasyedioglu (2008:21), kekhawatiran dalam pembelajaran matematika yaitu rendahnya prestasi belajar siswa. Dan pelajaran matematika meruoakan ilmu yang setiap harinya memakai ilmu matematika tersebut.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendiskripsikan Kevalidan E-LKPD Berbasis papan tulis interaktif Sketchboard dalam meningkatkan hasil belajar siswa Pada Materi Barisan dan deret aritmatikaKelas XI IPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 2) Untuk mendiskripsikan kepraktisan E- LKPD berbasis papan tulis interaktif Sketchboard dalam meningkatkan hasil belajar Pada Materi Barisan dan deret aritmatika Kelas XI IPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 3)Untuk mendeskripsikan keefektifan E- LKPD berbasis papan tulis interaktif Sketchboard dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Barisan dan deret aritmatika di kelas XI IPA di SMA Negeri Rambipuji jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan. Tahapan yang dimaksud meliputi Analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan soal pre-test dan post-test, subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3SMA Negeri Rambipuji Jember.untuk instrumen penelitian yaitu berupa angket validasi untuk menegtahui kevalidan dari validator ahli materi,ahli media, ahli pre-test dan post-test, ahli angket respon siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan. Data yang didapat menggunakan rumus perhitungan rata-rata dan presntase serta menggolongkan hasil dari kriteria tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kevalidan E-LKPD berbasis papan tulis interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika yang di dapat validator ahli seperti validator ahli materi, ahli media, ahli pre-test post-test, dan ahli angket respon siswa. Masing masing memiliki skor yang di peroleh dari para ahli yaitu ahli materi diperoleh skor 68,8 %, ahli media diperoleh skor 91,1%, ahli pre-test post-test diperoleh skor 90%, ahli angket respon siswa diperoleh skor 96,6%, rata-ratanya yaitu 86,62%. 2) Kepraktisan memperoleh nilai yaitu 96,6%. 3) dan untuk nilai keefektifan memperoleh nilai rata-rata 75,12%. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis papan tulis interaktif sketchboard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di katakan “efektif”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010506 Statistical Mechanics, Physical Combinatorics and Mathematical Aspects of Condensed Matter
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010599 Mathematical Physics not elsewhere classified
Depositing User: Munammad U Muhammad Usamah Muhammad Usamah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:38
Last Modified: 10 Jul 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item