IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 2 LUMAJANG

Ayatullah, Chumaini (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 2 LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REVISI CMPLT-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Ayatullah Chumaini, 2023: Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMK Negeri 2 Lumajang.

Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Kurikulum Merdeka merupakan suatu kebijakan baru yang diresmikan oleh pemerintah Kemendikbud atas dasar kemerdekaan dalam pembelajaran. Kelebihan dari kurikulum ini yang menjadi garis besar adalah lebih merdeka baik siswa, guru maupun lembaga sekolah dalam mengelola pembelajarannya. Berdasarkan hasil observasi pra research yang peneliti gali dengan salah satu subyek bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di lembaga SMK Negeri 2 Lumajang sampai pada Fase E yang diterapkan pada kelas 10 saja. Sehingga penelitian akan dapat terfokus pada pembelajaran di kelas 10 sesuai dengan fokus penelitian yang telah dirumuskan.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri 2 Lumajang; 2) Untuk menjelaskan Tantangan Dalam Implementasi Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri 2 Lumajang.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman berupa data meliputi: 1) Reduksi Data; 2) Display Data; Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipan, dokumentasi, dan wawancara bebas terpimpin.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka yaitu meliputi Perencanaan pembelajaran dirumuskan dengan mengidentifikasi ketersediaan minggu efektif, menganalisis CP yang dialokasikan terhadap minggu efektif, menentukan TP dan ATP, dan merumuskan Modul Ajar. Pelaksanaan pembelajaran oleh guru akan bersifat relatif baik materi maupun metode pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa. Dan evaluasi pembelajaran ranah kognitif menggunakan formatif dan sumatif, ranah afektif menggunakan observasi dan penilaian diri, dan ranah psikomotorik dengan cara praktik dan proyek. 2) Tantangan perencanaan adalah perubahan KD dan KI menjadi CP dengan ATP. Tantangan pelaksanaan adalah penerapan Modul Ajar berdasarkan heterogenitas siswa. Tantangan evaluasi adalah fleksibilitas evaluasi itu sendiri, kedua guru harus mengupayakan kesama-rataan terkait daya tangkap siswa terhadap materi ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ay Ayatullah Chumaini
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:57
Last Modified: 10 Jul 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25950

Actions (login required)

View Item View Item