Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember

Firdausy, Nadya (2023) Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NADYA FIRDAUSY_T20194048.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nadya Firdausy, 2023: Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember.

Kata kunci: Pengembangan, Media Komik, Pembelajaran Tematik

Media dalam proses pembelajaran merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media komik. Pengembangan media komik merupakan salah satu media yang dapat menarik perhatian peserta didik khsusnya di kelas tingkat rendah yaitu kelas tiga. Media komik di dalamnya berisikan suatu percakapan antar tokoh yang menceritakan suatu materi pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dengan disertai gambar berwarna yang menarik.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media komik pada pembelajaran tematik kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember? 2) Bagaimana efektifitas penggunaan media komik pada pembelajaran tematik kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan produk media komik pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 untuk peserta didik kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember. 2) Membuktikan efektifitas media pembelajaran komik pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk peserta didik kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang disebut juga dengan istilah Research & Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif, yakni menganalisis langkah-langkah pengembangan media komik dan data efektifitas media komik dalam pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk peserta didik kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Langkah-langkah pengembangan media komik pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 terdiri dari lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; 2) Efektifitas media komik diukur melalui hasil validasi ahli media, materi dan Bahasa memperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori valid dan dinyatakan bahwa media komik layak untuk digunakan. Hasil pengisian angket respon siswa didapatkan sebesar 99% dinyatakan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 1 kelas III di MI Fathus Salafi Ajung Jember. Analisis data hasil belajar pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan dari peserta didik meningkat dengan rata-rata presentase sebesar 73%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nadya Firdausy
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:55
Last Modified: 10 Jul 2023 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item