Analisis Pesan Dakwah Al-Kisah Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Hamdani, Holil (2023) Analisis Pesan Dakwah Al-Kisah Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HOLIL HAMDANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Holil Hamdani, 2023: Analisis Pesan Dakwah “Al-Kisah” Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton

Kata Kunci : Pesan Dakwah, Youtube, Ponpes Nurul Jadid.

Dakwah adalah kewajiban bagi manusia, kewajiban tersebut bukan hanya untuk masing-masing pribadi melainkan untuk organisasi, kelompok, ataupun jama’ah. Tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing, yang terpenting adalah cara yang digunakan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Youtube merupakan salah satu platform di media sosial yang hari ini seringkali digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan dakwah kepada khalayak (Viewers). Konten didalam youtube adalah sebuah video yang dibuat oleh individu, team, atau instansi demi tujuan tersampainya informasi secara meneyulutuh. Konten Al-Kisah merupakan sebuah konten dakwah yang berisiskan kumpulan kisah dari al-quran dan al-hadist maupun sumber lainnya yang berisikan cerita inspiratif dan syarat akan tuntunan dan suri tauladan. Konten Al-Kisah terinspirasi dari program televisi yakni Renungan Sejenak di net tv. Pesan dakwah yang ditonjolkan dalam konten tersebut menggunakan Bahasa yang sederhana dengan intonasi nada yang renyuh dan penuh ketentraman dengan berlandaskan rasa muak terhadap beberapa konten dakwah yang penuh hinaan dan profokatif.
Fokus penelitian ini yakni; 1) Bagaimana proses pembuatan video konten pesan dakwah Al-Kisah pada Channel Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid?; 2) Bagaimana hasil analisis pesan dakwah dalam konten Al-Kisah pada Channel Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid?. Kemudaian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan video konten Al-Kisah pada Channel youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, serta hasil analisis pesan dakah pada channel youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis, pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang pertama, pembuatan konten Al-Kisah dimulai dari ide Inspirasi, konten Al-Kisah terinspirasi dari program net tv yaitu “Renungan Sejenak,’kemudian berdiskusi mengenai ide dan konsep creative, selanjutnya menentukan segmentasi, yakni kaula muda, kemudian menentukan naskah, dan terakhir menentukan talent. Kemudia yang kedua, terdapat sebelas video pesan dakwah Al-Kisah pada channel youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan masing masing dari ke sebelas video tersebut dibedakan sesuai tiga konteks pesan dakwah, pertama dua video konten pesan dakwah konteks Akidah, kedua dua video konten pesan dakwah konteks Syariat, ketiga tujuh video konten pesan dakwah konteks Akhlak.

Kata Kunci : Dakwah, Youtube, Al-Kisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Depositing User: Unnamed user with email holilhamdaniholilhamdani@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:01
Last Modified: 10 Jul 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item