MENGEMBANGAKAN KREATIVITAS MELALUI MEWARNAI ARTUN NUSSA DAN RARA PADA KELOMPO B DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) jAMBU 18 CURAH KATES KLOMPANGAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 202/2023

sa'adah, devia wardatus (2023) MENGEMBANGAKAN KREATIVITAS MELALUI MEWARNAI ARTUN NUSSA DAN RARA PADA KELOMPO B DI SATUAN PAUD SEJENIS (SPS) jAMBU 18 CURAH KATES KLOMPANGAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 202/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Devia Wardatus Sa’adah (T20195034) watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kreativitas anak usia dini merupakan kemampuan menghasilkan bentuk baru dalam seni atau memecahkan masalah dengan metode baru pada kelompok B di Satuan Paud Sejenis (SPS) Jambu 18 Tahun Pelajaran 2022/2022, pengembangan kreativitas dilakukan melalui mewarnai kartun nussa dan rara.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui mewarnai gambar karakter kartun Nussa dan Rara di Satuan Paud Sejenis (SPS) Jambu 18 Curah Kates Klompangan Ajung?. 2) Bagaimana proses guru mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui mewarnai gambar karakter Nussa dan Rara di Satuan Paud Sejenis (SPS) Jambu 18 Curah Kates Klompangan Ajung?. 3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan kreativitas siswa melalui mewarnai gambar karakter kartun Nussa dan Rara di Satuan Paud Sejenis (SPS) Jambu 18 Curah Kates Ajung.?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya mengembangkan kreativitas belajar siswa,melalui mewarnai gambar karakter kartun Nussa dan Rara di Pos PAUD Jambu 18 Curah Kates Klompangan Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek peneitian ini berfokus pada Kepala SPS Jambu 18 dan Guru Kelompok B SPS Jambu 18. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan guru dalam mengembangkan kreativitas melalui kartun nussa dan rara pada kelompok B di SPS Jambu 18 Curah Kates Klompangan Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan pembuatan RKH, menentuan tema, pemilihan bahan mewarnai, metode pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran. 2). Proses guru dalam mengembangkan kreativitas melalui mewarnai kartun nussa dan rara pada kelompok B di SPS Jambu 18 Curah Kates Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu dengan memperkenalkan alat dan bahan, membuat formasi berhadap-hadapan, memberi arahan dan cara mewarnai yang baik. 3) evaluasi mengembangkan kreativitas melalui mewarnai kartun nussa dan rara pada kelompok B di SPS Jambu 18 Curah Kates Klompangan Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu dengan menyebutkan macam-macam warna, mewarnai sesuai contoh, mengingat anggota tubuh yang di warnai, menanyakan apakah ada kesulitan dalam mewarnai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Devia Wardatus Sa'adah Sa'adah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:29
Last Modified: 11 Jul 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25997

Actions (login required)

View Item View Item