EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E(ELICIT, ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION, EXTENDED) MENGGUNAKAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI MTs SA BAHRUL ULUM JEMBER

Roshada, A'tiya (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E(ELICIT, ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION, EXTENDED) MENGGUNAKAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI MTs SA BAHRUL ULUM JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi A'tiya Rosyada_T20197075pdf.pdf

Download (67MB)

Abstract

A’tiya Roshada, 2023: Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation, Extended) Menggunakan Media Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII di MTs SA Bahrul Ulum Jember.
Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Geogebra, Hasil Belajar Matematika, Materi Kubus dan Balok
Peserta didik beranggapan bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami, rumus-rumus matematika yang susah dihafal dan dimengerti, dan saat kegiatan pembelajaran matematika ketika pendidik menjelaskan materi pembelajaran, peseta didik hanya mendengarkan lalu mencatat materi tersebut. Menyebabkan peserta didik merasa bosan dan malas untuk memahami konsep-konsep matematika yang sedang dijelaskan. Hal tersebut dialami peserta didik MTs SA Bahrul Ulum, oleh karena itu, hasil belajar peserta didik mereka menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation, Extended) menggunakan media Geogebra pada peserta didik kelas VIII MTs SA Bahrul Ulum Jember.
Tujuan penelitian ini yakni 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Learning Cycle 7E menggunakan media Geogebra di kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. 4) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 7E menggunakan media Geogebra efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan bentuk Quasi Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan jenis rancangannya menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs SA Bahrul Ulum, teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Learning Cycle 7E menggunakan media Geogebra diterapkan dikelas eksperimen dengan melalui tujuh tahapan proses pembelajaran. Yaitu, Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation, Extended. 2) Posttest kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 80, nilai minimum 55, skor rata-rata 66,29, standar deviasi 7,339, Posttest kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 100, nilai minimum 62, skor rata-rata 76,38, standar deviasi 8,608, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal tersebut dapat dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 76,38>66,2, 4) Berdasarkan hasil uji-t dapat dilihat bahwa didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000., maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E menggunakan media Geogebra terhadap hasil belajar peserta didik MTs SA Bahrul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: A'tiya Roshada A'tiya
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:50
Last Modified: 11 Jul 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26007

Actions (login required)

View Item View Item