PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTS UNGGULAN AL QODIRI 1 JEMBER

Putri, Lestari (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTS UNGGULAN AL QODIRI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
PUTRI LESTARI_T201910083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together), audio visual, hasil
belajar
Hasil belajar yang baik didapatkan dari proses pembelajaran yang efektif
dapat melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran. Langkah dalam memperbaiki
pembelajaran salah satunya dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran
yang tepat, yaitu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif
adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi dalam satu kelompok
kecil untuk saling berinteraksi. Model pembelajaran kooperatif memiliki banyak
tipe yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya yaitu tipe NHT
(Numbered Head Together).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan
media audio visual pada materi sistem sistem ekskresi manusia kelas VIII di Mts
Unggulan Al Qodiri 1 Jember? 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan media audio visual
terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di Mts
Unggulan Al Qodiri 1 Jember?”
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan media
audio visual pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di Mts Unggulan Al
Qodiri 1 Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan media audio visual terhadap
hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di Mts
Unggulan Al Qodiri 1 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi
Experiment dengan bentuk penelitian eksperimen ini adalah Nonequivalent Group
Pretest Posttest Design untuk data hasil belajar. Sampel penelitian ini terdiri dari
kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII F sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah total kedua sampel yaitu 72. Teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan Independent Sampel T-Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media audio visual
materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII
MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember menunjukkan adanya peningkatan secara
signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen
lebih tinggi dari kelas kontrol. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan media
audio visual pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di Mts Unggulan Al
Qodiri 1 Jember dengan hasil signifikansi Uji T sebesar 0,005.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1101 Medical Biochemistry and Metabolomics > 110101 Medical Biochemistry - Amino Acids and Metabolites
Depositing User: Lestari Putri Lestari
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:11
Last Modified: 10 Jul 2023 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26017

Actions (login required)

View Item View Item