PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP/MTS

HOS, NIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP/MTS. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HOSNIA_T201910003.pdf

Download (32MB)

Abstract

ABSTRAK
Hosnia, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs
Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar
Pendidikan bisa diperoleh siapa saja dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan atau potensi dirinya. Berdasarkan wawancara terkait permasalahan yang terjadi SMPN 1 Rambipuji didapatkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Selain masih rendahnya hasil belajar, sikap peduli lingkungan yang dimiliki siswa juga rendah yang terlihat masih adanya siswa yang membuang sampah sembarangan seperti ditemukannya sampah di kolong meja, padahal telah tersedia tempat sampah untuk masing-masing kelas. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM).
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan sikap peduli lingkungan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs; 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs; 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap sikap peduli lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs; 4) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Mayarakat (STM) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan Quasi experimental design berupa Nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelas eksperimen memiliki rata-rata sikap peduli lingkungan sebesar 121 dengan kategori sangat tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 111,84 dengan kategori tinggi; 2) kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 89,06 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol sebesar 79,95 dengan kategori cukup; 3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap sikap peduli lingkungan dengan nilai signifikan 0,000; 4) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
Depositing User: Hos Nia
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:06
Last Modified: 10 Jul 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26026

Actions (login required)

View Item View Item