Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Bella Nur, Laelatul Zan'nah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
bismillah skripsi bella 23 juni 2023 new fix fixs coy-2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember
Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, bataan-batasan , dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi.
Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran tematik mata Pelajaran Matematika ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mendeskripsikan Kevalidan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. (2) Untuk Mendeskripsikan Respon Siswa Pada Bahan Ajar Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini adalah penelitian R&D yang dimodifikasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4)Implementasi, dan 5) Evaluasi.
Bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik dikembangkan dari tiga aspek, aspek materi dan aspek media. Aspek materi dikembangkan berdasarkan buku BUPENA Kurikulum 2013. Sedangkan aspek media dikembangkan berdasarkan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil analisis data produk bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik ini layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan pada hasil perolehan skor validasi uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90,6% ahli materi mencapai kevalidan 78,5% ahli bahasa mencapai kevalidan 89,2% dan ahli pembelajaran mencapai kevalidan 97,5%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung presentase rata-rata kevalidan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan penilaian ahli media, materi,bahasa dan ahli pembelajaran yaitu sebesar 78,5%. Sedangkan hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat kemenarikan oleh peserta didik yaitu sebesar 92,41%. Sehingga dapat dikualifikasikan bahwa bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Depositing User: Bella Nur Laelatul Zan'nah Bella Nur Laelatul Zan'nah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:01
Last Modified: 11 Jul 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item View Item