Pelaksanaan Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Kurniawan, Ilham (2023) Pelaksanaan Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM KURNIAWAN FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilham Kurniawan, 2023: Pelaksanaan Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Peran Wali Kelas, Meningkatkan Karakter Religius Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran wali kelas dalam membantu usaha siswa-siswi untuk meningkatkan karakter khususnya religius, hal tersebut dikarnakan pelaksanaan peran wali kelas sebagai usaha penguatan pendidikan karakter siswa-siswi yang mengacu kepada visi, misi dan tujuan madrasah. Pelaksanaan peran wali kelas juga dibutuhkan sebagai usaha untuk meminimalisir penyimpangan karakter, karena masih banyak ditemukannya penyimpangan atau kenakalan yang dilakukan remaja khususnya oleh siswa-siswi di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, yang terbagi menjadi tiga (3) jurusan yaitu IPA, IPS dan Agama. Adapun bentuk penyimpangan atau kenakalan yang sering dilakukan siswa antara lain seperti: a) bolos dan terlambat datang sekolah; b) berpacaran; c) mewarnai rambut; d) bermain game saat jam pelajaran; dan e) menyalahgunakan surat izin. Hal tersebut kemudian mendorong penulis untuk menggali informasi secara mendalam terkait pelaksanaan peran wali kelas di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang dalam meningkatkan karakter religius siswa- siswi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perilaku wali kelas dalam melaksanakan latihan-latihan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang?; 2) Bagaimana perilaku wali kelas dalam membiasakan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang?; 3) Bagaimana perilaku wali kelas dalam mengembangkan sikap religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang?.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana perilaku wali kelas dalam melaksanakan latihan-latihan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. 2) Mendeskripsikan bagaimana perilaku wali kelas dalam membiasakan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. 3) Mendeskripsikan perilaku wali kelas dalam mengembangkan sikap religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perilaku wali kelas dalam melaksanakan latihan karakter religius siswa terfokuskan pada dua perilaku, yaitu wali kelas sebagai teladan dan wali kelas sebagai pelatih. 2) Perilaku wali kelas dalam membiasakan karakter religius siswa terfokuskan pada dua perilaku, yaitu wali kelas sebagai pendamping dan wali kelas sebagai pembimbing. 3) Perilaku wali kelas dalam mengembangkan sikap religius siswa terfokuskan pada satu perilaku, yaitu wali kelas sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Ilham Kurniawan
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:17
Last Modified: 10 Jul 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26041

Actions (login required)

View Item View Item