Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Menikah Dini Di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Muna, Naylil (2023) Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Menikah Dini Di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq.

[img] Text
NAYLIL MUNA_D20193054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Naylil Muna, 2023: Ketahanan Keluarga pada Pasangan Menikah Dini di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Ketahanan Keluarga, Pernikahan Dini
Ketahanan keluarga merupakan alat untuk mengukur pencapaian keluarga dalam melaksanakan peran, fungsi dan tanggung jawabnya dalam mewujudkan kesejahteraan anggota dan kondisi kecukupan dan kesinambungan akses terhadap pendapatan dan sumber daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar yaitu pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, kesempatan pendidikan, perumahan, waktu untuk berpatisipasi di masyarakat, dan integrasi sosial. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana ketahanan keluarga pada pasangan menikah dini di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ketahanan keluarga pada pasangan menikah dini di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan dalam ketahanan keluarga pada pasangan menikah dini ada tiga yaitu: Aspek ketahanan fisik di mana pada aspek ini sepuluh pasangan pernikahan dini memenuhi kebutuhan mereka dengan cara bekerja agar kebutuhan sandang dan pangan terpenuhi. Namun ada dua pasangan yang belum dapat memenuhi kebutuhan pangannya karena masih tinggal dengan orang tua. Aspek ketahanan sosial, pasangan menikah dini tidak mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan masyarakat, dapat menerima saran dan masukan dari lingkungan keluarganya. Namun ada dua pasangan yang tidak baik menjaga komunikasi antara pasangan karena salah satu pasangan tidak terbuka dan tidak mengalah. Aspek ketahanan psikologis di mana dilihat dari cara mereka menanggulangi masalah keluarga dengan menenangkan diri terlebih dahulu kemudian secepat mungkin menyelesaikan masalah dengan mencari solusi bersama agar masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
Depositing User: Mss Perpustakaan Naylil Muna
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item