Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Tindakan Bullying Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Rohmah, Izzatur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Tindakan Bullying Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izzatur Rohmah_T20191451.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang kerap terjadi di kehidupan sehari-hari kita adalah bullying. Bullying bisa terjadi juga di lingkungan sekolah salah satunya di SMPN 2 rambipuji Jember. Bullying yang terjadi yaitu seperti mengolok-ngolok memukul menjauhi teman tindakan bullying di SMPN 2 rambipuji Jember banyak terjadi di kelas VIII. Berkaitan dengan tingkah laku peserta didik, maka peran guru Pendidikan Agama Islam di dalam lembaga pendidikan sangat dibutuhkan di dalamnya untuk memberikan bimbingan akhlak kepada siswa agar berkepribadian dan berperilaku baik, termasuk di dalamnya mengatasi perilaku buruk pada diri siswa seperti tindakan bullying.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yaitu 1) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi tindakan bullying di SMPN 2 rambipuji Jember 2) bagaimana bentuk tindakan bullying yang terjadi di SMPN 2 rambipuji Jember.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi tindakan bullying di SMPN 2
Rambipuji Jember (2) untuk mendeskripsikan bentuk tindakan bullying yang
terjadi di SMPN 2 Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah: Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Miles dan Huberman yang terdiri dari analisis data keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) peran guru sebagai pendidik, guru
melatih peserta didik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, akhlak yang
mulia dan dapat berpikir secara cerdas. Peran guru sebagai penasehat, guru
memberikan nasehat kepada peserta didik saat melakukan tingkah laku yang tidak
baik, kemudian ketikamasih melakukannya lagi maka guru akan memberikan
sanksi seperti membaca surat pendek. Peran guru sebagai teladan, guru selalu
menjaga tingkah laku, perbuatan, dan perucapan. Selalu memberikan contoh
perbuatan yang baik dan melarang melakukan perbuatan buruk. Peran guru
sebagai pembimbing, guru selalu memberkan bimbingan dan arahan kepada
peserta didik baik melewati saat KBM dan kegiatan sekolah (2) bullying yang
terjadi di SMPN 2 Rambipuji Jember yaitu memukul teman, mengolok-olok
teman, mengucilkan teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Izzatur Rohmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:35
Last Modified: 11 Jul 2023 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26044

Actions (login required)

View Item View Item