Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Membangun Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti Tahun Pelajaran 2022/2023

Hematul, Malika (2023) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Membangun Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HEMATUL MALIKA_T20191237.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hematul Malika, 2023 “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning
Tipe Jigsaw dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pealajaran
Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti Tahun Pelajaran
2022/2023.”
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Motivasi
Belajar, Akidah Akhlak
Penerapan model pembelajaran kooperatife jigsaw di MTs Al-Firdaus
pada mata pelajaran akidah akhlak. Model pembelajaran kooperatife jigsaw
adalah model pembelajaran dimana peserta didik belajar dalam kelompok kecil
yang terdiri dari empat sampai enam orang dengan kemampuan yang berbedabeda. Dengan tujuan memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik
untuk menyampaikan pendapat, ide, gagasan antar sesama sehingga peserta didik
saling termotivasi untuk belajar.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran Cooperative
Learning Tipe Jigsaw dalam membangun motivasi belajar siswa diterapkan pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti Tahun Pelajaran
2022/2023? 2) Bagaimana langkah-langkah strategis dalam membangun motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti
Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penerapan cooperative learning tipe jigsaw?
Tujuan dari penelitian ini diantaranya 1) mendeskripsikan pembelajaran
cooperative learning tipe jigsaw dalam membangun motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Firdaus Panti tahun pelajaran
2023/2023. 2) mendeskripsikan langkah-langkah strategis dalam membangun
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak VIII MTs Al-Firdaus
Panti tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan cooperative learing tipe
jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) observasi (2)
wawancara (3) dokumentasi (4) video. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan model Miles, Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Adapun pada uji keabahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) perencanaan pembelajaran
meliputi tiga aspek yaitu a) perumusan tujuan pembelajaran b) pemilihan materi c)
pemilihan model pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran yaitu: a) guru
mengawali dengan salam, berdoa, mengabsen siswa, memberikan motivasi,
mengulas materi b) guru menjelaskan secara singkat materi menghindari akhlak
tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah) c) guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok d) kelompok berdiskusi kemudian mempresentasikan
didepan d) guru menutup pelajaran dengan menanyakan kembali materi yang baru
saja dipelajari serta memberikan penguatan. (3) evaluasi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah mengevaluasi siswa melalui aspek
kognitif yang mencakup dari segi pengetahuan dan keaktifan serta kekompokan
siswa dalam berdiskusi. (4) langkah-langkah strategis dalam membangun motivasi
belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw meliputi tiga yaitu: pemberian
pertanyaan singkat, penugasan berupa ulangan harian dan mencari contoh nyata
dirumah serta menceritakan tokoh- tokoh orang sukses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hematul Malika Malika
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26058

Actions (login required)

View Item View Item