PEMBELAJARAN BERMAIN PESAN BERANTAI UNTUK MENAMBAH KOSAKATA ANAK PADA KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI TK MIFTAHUL ULUM 1 JEBUNG KIDUL TLOGOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Megawati, refi (2023) PEMBELAJARAN BERMAIN PESAN BERANTAI UNTUK MENAMBAH KOSAKATA ANAK PADA KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI TK MIFTAHUL ULUM 1 JEBUNG KIDUL TLOGOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NEW SKRIPSI REFI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Refi Megawati, 2023: “Pembelajaran Bermain Pesan Berantai Untuk Menambah
Kosakata Anak Pada Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk Miftahul Ulum 1 Jebung
Kidul Tlogosari Bondowoso Tahun Ajaran 2022-2023”
Kata Kunci: Pembelajaran, Bermain, Pesan Berantai, Kosakata
Penelitian ini dilatarbelakanngi oleh pentingnya anak dalam kelancaran
berbicara. Melihat dari banyaknya gangguan berbicara pada anak (speech deley) maka
pembelajaran dengan permainan pesan berantai dilakukan di Tk Miftahul Ulum 1
Jebung Kidul Tlogosari Bondowoso untuk menambah kosa kata anak yang diterapkan
sesuai dengan tema pembelajaran.
Adapaun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan
Pembelajaran Bermain Pesan Berantai Untuk Menambah Kosakata Anak pada
kelompok B (usia 5-6 tahun) di Tk Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Tlogosari
Bondowoso?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Bermain Pesan Berantai Untuk
Menambah Kosakata Anak pada kelompok B (usia 5-6 tahun) di Tk Miftahul Ulum 1
Jebung Kidul Tlogosari Bondowoso?. 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Bermain
Pesan Berantai Untuk Menambah Kosakata Anak pada kelompok B (usia 5-6 tahun) di
Tk Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Tlogosari Bondowoso?
Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam sksripsi ini ialah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah model dari Miles Huberman dan Saldana. Terakhir untuk keabsahan
data peneliti menggunakan data triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan:1) perencanaan pembelajaran bermain
pesan berantai untuk menambah kosakata anak (usia 5-6 tahun) di TK Miftahul Ulum 1
Jebung Kidul Tlogosari Bondowoso yaitu: a) Guru menyusun Program Tahunan, b)
Guru menyusun Program Semester, c) Guru menyusun RPPH, d) guru menyiapkan kata
yang akan digunakan untuk permainan, e) guru menentukan kelompok . 2) pelaksanaan
pembelajaran bermain pesan berantai untuk menambah kosakata anak (usia 5-6 tahun)
di TK Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Tlogosari Bondowoso. Pada tahap
pelaksanaannya: a) Guru menjelaskan aturan-aturan dalam permainan pesan berantai. b)
guru membagi anak menjadi beberapa kelompok. c) guru mengarahkan anak-anak untuk
berbaris berjejer ke belakang. d) guru membisikan pesan atau kalimat pendek pada anak
yang ada dibarisan terdepan, kemudian anak yang ada dibarisan depan membisikan
kepada anak yang ada dibarisan kedua dan kemudian anak yang berada di barisan kedua
membisikan pesan yang didengar kepada anak yang ada dibarisan ketiga, dan begitupun
selanjutnya. 3) Evaluasi pembelajaran bermain pesan berantai untuk menambah
kosakata anak (usia 5-6 tahun) di TK Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Tlogosari
Bondowoso. Pada kegiatan evaluasi guru melakukan recalling di akhir pembelajaran
dengan cara menanyakan ulang satu persatu peserta didik dari setiap kelompok untuk
mengetahui capaian perkembangan anak kemudian guru memasukan hasil evaluasi
kedalam catatan penilaian dengan model cheklist, catatan pengamatan dan catatan
harian peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Refi Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:39
Last Modified: 11 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item